Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 18:11 WIB

Badan Otorita Ibu Kota Baru Terbentuk Akhir Tahun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rosyid Ilustrasi/Foto: Rosyid
Jakarta - Perencanaan pembangunan ibu kota baru terus berjalan. Salah satunya, pemerintah akan membuat badan khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola pembangunan dan pembiayaan infrastruktur di ibu kota baru.

Lembaga itu bernama Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru. Menurut Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, menyampaikan bahwa saat ini badan tersebut sedang dirumuskan Bappenas.

Kini Bappenas, sedang merumuskan struktur organisasi badan otorita itu. Ditargetkan, badan tersebut terbentuk pada akhir tahun.

"Sekarang sedang dalam tahap persiapan, struktur organisasinya dan lainnya itu ada di Bappenas. Mungkin akhir tahun ini sudah ada," ungkap Danis saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/10).



Dia menyebut dalam badan otorita itu akan terdapat beberapa kelompok kerja (pokja). Mulai dari pokja infrastruktur, pokja penyiapan regulasi, hingga pokja pembiayaan infrastruktur di ibu kota baru.

"Kami di PUPR masuk pokja infrastruktur. Institusi ini kan nanti namanya Badan Otorita IKN, dia yang mengelola nanti," kata Danis.

Danis menyebut masing-masing pokja telah disusun. Saat ini Kemenkumham dan Bappenas tengah melakukan rapat paralel dalam menyiapkan dan melakukan finalisasi kelembagaannya.

"Sekarang paralel sedang dibahas, ada di Bappenas dan Kemenkumham. Ini luas sekali penyiapan ibu kota negara," ucap Danis.



Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com