Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 13:12 WIB

Siap-siap! Sayembara Desain Ibu Kota Baru Diumumkan Bulan Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
FOKUS BERITA Jelajah Ibu Kota Baru
Jakarta - Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) telah selesai dilakukan. Lantas, kapan pemenang akan diumumkan?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pengumuman pemenang sayembara ibu kota baru akan diumumkan akhir tahun. Tepatnya 23 Desember 2019 mendatang.

"Penetapan pemenangnya tanggal 23 Desember 2019 itu bisa kita putuskan pemenangnya," ucap Basuki di Gedung DPR, Rabu (20/11/2019).

Menurut Basuki, respons dari sayembara ini sangat besar dari masyarakat. Sayembara ini telah diikuti oleh 755 peserta dari seluruh Provinsi.



"Ada 755 peserta dari semua provinsi. Yang terbanyak memang dari Jakarta, 197 peserta. Semua provinsi mengikuti itu," jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Sumadilaga menjelaskan pemenang yang sudah terpilih akan mengikuti pengembangan gagasan untuk memperkaya desain ibu kota baru yang mereka buat. Dengan begitu, diharapkan desain akan lebih matang agar desain ibu kota baru dapat menjadi yang terbaik di dunia.

"Pada Januari sampai April akan ada pengkayaan dengan Internasional untuk mendapatkan basic desain kawasan yang memang diharapkan menjadi smart atau the best city in the world," kata Danis.

Dari 755 peserta yang mengikuti sayembara, akan ada 5 pemenang yang dipilih. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan. Hadiah uang tunai mulai dari Rp 250 juta untuk harapan I dan Rp 2 miliar untuk pemenang pertama.

Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
FOKUS BERITA Jelajah Ibu Kota Baru
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com