Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Nov 2019 08:30 WIB

Mending Menikah atau Beli Rumah Dulu?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Memutuskan pilihan untuk menikah atau membeli rumah dahulu memang sulit dilakukan, apalagi bagi kaum milenial yang memiliki pendapatan atau gaji yang terbilang pas-pasan.

Pasalnya, kedua pilihan tersebut sama-sama penting dan sama-sama membutuhkan biaya yang tak murah. Lantas, apa yang sebaiknya harus didahulukan, menikah atau beli rumah?

Perencana Keuangan dari Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, pada dasarnya kedua pilihan tersebut tergantung dari masing-masing pribadi. Menurutnya, tak ada yang salah dan benar dari dua pilihan tersebut.

"Artinya begini, mereka punya rumah dulu nggak masalah, atau menikah dulu baru punya rumah itu nggak masalah. Apalagi kalau dua-duanya bekerja," kata Eko kepada detikcom, Sabtu (23/11/2019).

"Jadi menikah membuat dia harus lebih fokus lagi membeli rumah. Jadi, pernikahan tadi jadi trigger dia mendapatkan rumah," sambung Eko.


Meski begitu, Eko menilai akan lebih ideal bila pilihan untuk membeli rumah terlebih dahulu menjadi prioritas. Mengingat harga properti akan terus mengalami peningkatan.

"Memang kalau idealnya punya rumah dulu, itu paling bagus. Kenapa? karena kalau menikah dulu, langsung dapat anak, itu sudah berasa untuk nyicil rumah. Dan harga properti makin lama makin naik," katanya.

Setelah rumah bisa dibeli maka pernikahan bisa dilakukan. Dengan menikah, maka penghasilan pasangan akan digabung atau joint income dan bisa meringankan pembayaran cicilan rumah yang telah dibeli.

"Jadi bisa joint income kalau dua-duanya bekerja," jelasnya.



Simak Video "Polda Metro Ungkap Penipuan Perumahan Syariah, 270 Orang Tertipu"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com