Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Nov 2019 11:01 WIB

Mau Beli Rumah dalam 1 Tahun dengan Gaji Rp 5 Juta? Ini Tipsnya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Luthfy S Foto: Luthfy S
Jakarta - Membeli suatu properti seperti rumah bukan hal yang mudah dilakukan. Harga rumah terus meningkat, sementara gaji yang didapat terbilang pas-pasan.

Perencana Keuangan dari Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, sejatinya gaji Rp 5 juta bukan alasan seseorang untuk tak bisa membeli rumah. Dia bilang, dengan gaji Rp 5 juta pun setiap orang bisa membeli rumah dengan jangka waktu 1 tahun.

"Jadi membeli rumah itu tergantung jangka waktu, makin cepat dia ingin beli, makin besar menabung dari penghasilannya," kata Eko kepada detikcom, Sabtu (23/11/2019).

Eko menjelaskan, dengan gaji Rp 5 juta maka uang yang harus ditabung ialah 60% setiap bulannya. Uang tersebut nantinya bisa digunakan untuk uang muka atau down payment (DP).


"Setahun bisa sampai 60% dalam sebulan untuk nabung DP saja. 60% kan Sekitar Rp 3 juta. Rp 3 juta dikali setahun sudah Rp 36 juta," jelas Eko.

Dengan uang Rp 36 juta tadi, kata Eko, maka setiap orang bisa mencari rumah yang sesuai dengan dana yang dimiliki. "Kalau Rp 36 untuk rumah seratus jutaan sudah bisa untuk DP. Belum lagi kalau ada bonus tahunan atau THR. ITu bisa ditambah lagi," jelasnya.

Sedangkan untuk cicilannya, gaji Rp 5 juta per bulan bisa mendapat pengajuan maksimal sekitar Rp 2 jutaan atau 40% dari gaji.

"Nah Rp 2 jutaan pasti masih ada untuk rumah Rp 100 jutaan. Cuma memang lokasi nggak akan dekat-dekat kantor, udah pasti. Tapi kalau hanya mencari akses kereta misalnya, itu pasti masih dapat," katanya.



Simak Video "Polisi Dilarang Pamer Kemewahan di Medsos, Intip Yuk Gajinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com