Realisasi KPR Subsidi Lewat BTN Sudah 3,4 Juta Rumah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 08 Des 2019 16:20 WIB
Foto: dok. BTN
Jakarta - Bank BTN mengklaim menjadi penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi terbesar di Indonesia. BTN menyatakan sudah menyalurkan 3,46 juta unit rumah dengan nilai kredit hingga Rp 159,97 triliun.

Dirut Bank BTN Pahala Mansury menyebut besarnya penyaluran kredit subsidi ini karena program sejuta rumah yang disukseskan pemerintah.

"Besarnya porsi penyaluran KPR Subsidi berkat kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah," kata Pahala dalam keterangannya, Minggu (8/12/2019).


Hingga September yang lalu pun, 91,55% pasar KPR subsidi dilayani oleh Bank BTN. Apabila ditotal sejak program KPR diluncurkan sejak 1976 Bank BTN telah menyalurkan kredit sebesar Rp 300 triliun untuk 5 juta rumah.

Pahala mengatakan pihaknya terus mengembangkan model bisnis pembiayaan perumahan maupun tabungan untuk melayani kebutuhan hunian bagi masyarakat segmen milenial.

"Posisi Bank BTN sebagai Bank yang besar dengan core business pembiayaan perumahan bagi masyarakat dengan dominasi KPR secara nasional perlu untuk bagaimana ke depan mencari terobosan dan inovasi baru agar Bank BTN menjadi top of mind seluruh generasi, baik milenial, generasi X maupun baby boomers jika bicara tentang KPR," kata Pahala.


BTN sendiri telah memiliki produk khusus bagi melenial yang diluncurkan pada triwulan III tahun 2018 lalu. Produk KPR Gaess namanya, produk ini menjadi perhatian manajemen karena generasi yang satu ini berdasarkan riset Badan Pusat Statistik (BPS) akan mendominasi populasi penduduk Indonesia, atau sekitar 34% atau sebesar 83 juta jiwa pada tahun 2020.

Simak Video "Detik-detik Pesta Sabu di Pinrang Digerebek Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)