Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Des 2019 11:16 WIB

Baru Memulai Karier tapi Ingin Punya Rumah, Begini Caranya

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Buat kamu yang baru mulai merintis karier dalam sebuah pekerjaan dan kini memiliki gaji bulanan, ada baiknya segera menyisihkan sebagian besar gaji itu untuk membeli sebuah hunian. Pasalnya, lebih baik memiliki hunian sendiri sejak dini, khususnya saat masih lajang karena setelah berkeluarga pengeluaran akan semakin banyak.

Tantangan utama sebelum memutuskan untuk membeli rumah adalah perencanaan finansial. Generasi muda biasanya masih senang menghabiskan uangnya untuk kebutuhan tersier seperti gaya hidup dan hiburan sehingga lupa untuk menyisihkan dana tabungan untuk membeli rumah yang merupakan kebutuhan primer.

Padahal memiliki hunian sendiri, selain sebagai tempat tinggal, bisa juga dijadikan sebagai tabungan atau investasi ke depannya. Untuk itu, ada baiknya kamu punya perencanaan pengeluaran yang baik dari gaji bulanan buat membeli sebuah hunian. Ini kiatnya.


Hitung Pengeluaran Bulanan

Sandang, pangan dan papan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Ketiga hal ini menjadi ketiga hal pertama yang perlu dipastikan dalam perencanaan pengeluaran. Namun begitu, kamu juga harus memasukkan tanggungan lain dari gaji yang dihasilkan supaya bisa mengukur kemampuan finansial untuk membeli hunian idaman.

Pilih Rumah dengan Tipe yang Sesuai dengan Penghasilan

Jangan terlalu memaksakan diri untuk punya rumah yang tidak sebanding dengan penghasilanmu saat ini. Namun, yang harus kamu tahu, lebih baik punya rumah sendiri dibanding masih mengontrak di rumah orang atau kos.

Jadi, cari tipe rumah yang lebih dari cukup nyaman buat kamu hidup nantinya. Jika nanti karier dan gajimu naik, kamu bisa memanfaatkan investasi rumah yang sebelumnya sudah kamu beli untuk membeli rumah yang sesuai dengan penghasilan yang baru.

Beli Rumah dengan Cara KPR

Kamu bisa membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang kini banyak disediakan pengembang properti. Dengan mencicil KPR, beli rumah akan terasa lebih ringan. Kalau perlu, cari juga pengembang yang terpercaya seperti Sinar Mas Land.


Selain terpercaya, Sinar Mas Land juga menawarkan program menarik KPR Fiesta 2019 yang mensubsidi bunga KPR 2,5% yang berlangsung dari 15 November-14 Desember. Selain itu dapatkan kesempatan liburan dibayarin developer berupa travel voucher sebesar Rp 2,5 juta
untuk setiap pembelian properti Rp 500 juta berlaku kelipatan.

Sinar Mas Land juga menggandeng 4 Bank yaitu BCA, Mandiri, Permata dan CIMB Niaga dengan memberikan 100 travel voucher pertama bagi nasabah prioritas Bank tersebut. Dan juga selama event ini berlangsung Sinar Mas Land akan membagikan logam mulia bagi yang melakukan transaksi.

Produk properti yang masuk dalam promo KPR Fiesta 2019 di antaranya adalah rumah, ruko, kavling, dan apartemen. Bagi kamu yang tertarik dengan program ini bisa juga datang ke Sinar Mas Land Travel Expo yang digelar di Aeon Mall BSD City pada 10-15 Desember 2019 atau bisa juga menghubungi 021-50996661 dan mengunjungi website www.sinarmasland.com/kprfiesta. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com