Siap-siap! Mau Ada Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 16 Des 2019 13:55 WIB
Siap-Siap! Mau Ada Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru
Jakarta - Sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) telah selesai dilakukan. Saat ini proses sayembara sedang memasuki tahap seleksi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga mengatakan, dari semua karya peserta yang masuk kini menyisakan sekitar 30 desain dan akan disaring menjadi 5 desain.

"Sekarang sudah 30 dan menuju 5 (desain)," kata Danis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (16/12/2019).

Danis menjelaskan, setelah sayembara tersebut selesai tidak menutup kemungkinan akan ada sayembara kedua khusus untuk desain kawasan pemerintahan seperti istana kepresidenan. Pasalnya, desain-desain yang ada sekarang belum secara spesifik meliputi bangunan-bangunan yang ada pada kawasan ibu kota baru.


"Belum (termasuk konsep istana). Ini baru urban desain, basic konsep. Nanti ini harus dikembangkan lagi menjadi master plan. Nanti ada khusus misalnya kluster ibu kota pemerintahan, di dalamnya ada lagi istana, mungkin ke depan harus kita sayembarakan lagi," pungkasnya.

Danis menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa besok. Dalam kesempatan itu, Jokowi bakal mengecek lahan yang akan digunakan sebagai pusat pemerintahan. Hal ini seiring dengan penetapan Sepaku sebagai lokasi pusat ibu kota baru.

"Waktu itu kan pas awal-awal masih belum (ditentukan). Sekarang kan sudah ditentukan lokasinya di Sepaku itu. Beliau ingin lebih spesifik ke daerah situ," ujar dia.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)