Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 12:49 WIB

Tol Trans Jawa Bikin Hotel Tetap Ramai Meski Tiket Pesawat Mahal

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pengusaha hotel bisa sedikit bernapas lega di tengah mahalnya harga tiket yang bisa saja membuat jumlah wisawatan menurun di libur akhir tahun. Adanya Tol Trans Jawa cukup menolong karena banyak yang liburan menggunakan jalur darat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menjelaskan dengan adanya Tol Trans Jawa, orang-orang bahkan banyak yang liburan ke Bali menggunakan mobil.

"Kalau dari masalah tiket (pesawat) mahal itu memang ada tren orang pakai kendaraan karena jalan tol juga sudah semakin bagus kan, konektivitasnya semakin bagus. Bahkan sampai Bali banyak orang bawa mobil akhirnya, nggak naik pesawat lagi. Jadi memang ada pergerakan ke situ," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/2019).


"Jadi kalau kita lihat dari orang yang traveling memang pengaruh jalan tol itu cukup besar juga mendorong pergerakan orang untuk bepergian ke luar kota," lanjutnya.

Banyaknya orang yang liburan menggunakan jalur darat di tengah mahalnya tiket pesawat, mendorong keterisian atau okupansi kamar hotel khususnya di daerah.

"Jadi kalau saya lihat intinya dari pergerakan yang ada itu adanya perluasan jalan tol memang mendorong, mendongkrak okupansi regionalnya ya," sebutnya.



Jadi dia menilai tiket pesawat yang mahal itu tidak memberikan dampak untuk hotel-hotel di Pulau Jawa dan Bali.

"Nggak, nggak terdampak. Pokoknya yang di Pulau Jawa sampai Bali itu mereka beralih ke transportasi darat," tambahnya.

Simak Video "Dampak Tiket Pesawat Mahal, Jasa Ekspedisi Ikut Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com