Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Jan 2020 15:38 WIB

Begini Tips Beli Rumah yang Aman dari Banjir

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Banjir Rawajati Pancoran Jakarta Selatan, 2 Januari 2019. (Wilda Hayatun Nufus/detikom) Foto: Banjir Rawajati Pancoran Jakarta Selatan, 2 Januari 2019. (Wilda Hayatun Nufus/detikom)
Jakarta - Banjir melanda sejumlah rumah di kawasan Jabodetabek. Hal ini menjadi pelajaran penting bagi para pemburu rumah agar bisa mendapat rumah impian yang aman dari banjir.

Paling tidak ketika musim hujan, masyarakat bisa mengetahui langsung daya tahan lokasi rumah yang diinginkan terhadap risiko bencana tersebut.

"Minimal ada gambaran nih yang bisa bertahan dengan kondisi kayak gini, dengan bencana seperti ini perumahan mana saja gitu," kata CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda saat dihubungi detikcom, Kamis (2/1/2020).

Pihaknya pun saat ini ikut memetakan perumahan-perumahan yang rawan dan bebas banjir. Menurutnya salah satu indikator perumahan yang bagus bisa dilihat dari ketahanannya terhadap banjir.


"Jadi memang kalau kita lihat salah satu indikator perumahan itu bagus atau nggak ya ini kita lihat kondisinya saat curah hujannya tinggi dia bisa menahan nggak, ketahanan terhadap bencana alam termasuk banjir itu bagus nggak," jelasnya.

Namun menurutnya tidak bisa langsung menyalahkan pihak pengembang atas perumahan yang rawan banjir. Pasalnya itu sangat terkait dengan sistem saluran air kota.

"Jadi di perumahannya bagus tapi ketika masuk saluran kota mampet di saluran kotanya dan membuat air melimpah dan kembali ke perumahannya. Nah itu yang memang harus dilihat juga sih, nggak semata-mata banjir jadi jelek sebetulnya," tambahnya.



Simak Video "Hujan Deras Semalaman, Permukiman di Jaktim dan Jakbar Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com