Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 17:29 WIB

Pemenang Sayembara Desain Bakal Kunjungi Lokasi Ibu Kota Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Desain ibu kota baru/Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ketiga pemenang sayembara desain ibu kota negara (IKN) menyambangi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menetapkan lokasi awal pembangunan. Rencananya jadwal kunjungan pada pekan depan.

Ketua Tim Panitia Pelaksana Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga mengatakan arahan Presiden Jokowi tersebut untuk rangka mencocokkan desain ketiga pemenang dengan geografis lokasi IKN.

"(Arahan Presiden) Ya, itu segera untuk berangkat ke sana (IKN) untuk mengonfirmasi, kemudian berkolaborasi," kata Danis di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/1/2020)

Pemerintah sepakat menggabungkan desain ketiga pemenang tersebut. Selain itu para pemenang akan dibantu oleh konsultan internasional yang memiliki keahlian khusus di bidang-bidang tertentu.

"Tim kolaborasi ini, memastikan saja kecocokan antara desain dengan kondisi lapangan, mengonfirmasi kembali," jelas dia.


Menurut Danis, keterlibatan konsultan internasional ini akan terlibat dalam bidang transportasi, public utility, water management.

"Misalnya berhubungan dengan air sebagainya ada konsultan internasional yang ahli, dalam hal berhubungan dengan public utility dan transportasi kita juga akan dealing dengan konsultan internasional yang sudah berpengalaman," kata dia.

Danis menambahkan kegiatan meninjau langsung lokasi IKN sebagai modal awal menentukan titik awal pembangunannya.

"Ya sebetulnya tadi, basic desainnya sudah ada, misalnya terkait dengan lokasi di desain ini dengan lapangan seperti apa, pencocokan, kita cocokkan konfirmasi, titik nol, ground zeronya di mana, nanti akan kami sesuaikan," ungkap dia.

Sebelumnya pada Jumat (20/12/2019), Danis menjelaskan tiga tim pemenang sayembara desain ibu kota baru akan diajak ke lokasi di Kaltim.

"Jadi secara prinsip pemenang 1,2,3 itu copyright menjadi milik pemerintah. Direncanakan ketiga kelompok peserta itu akan ke lokasi dengan dewan juri dan sebagainya untuk mengembangkan suatu ide atau gagasan yang lebih meningkatkan desain dari IKN," kata Danis di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (20/12/2019).



Pemenang Sayembara Desain Bakal Kunjungi Lokasi Ibu Kota Baru


Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com