Sederet Proyek di Ibu Kota Baru yang Dibidik Softbank

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 10 Jan 2020 12:41 WIB
CEO Softbank Masayoshi Son (sedang berbicara) (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Softbank Corp telah menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di calon ibu kota negara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantam Timur.

President Softbank, Masayoshi Son mengatakan tertarik terlibat dalam pembangunan kota pintar hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Konsep smart city dengan teknologi terbaru, green city, dan juga pengembangan AI. Itu yang aku tertarik untuk dukung," kata Masayoshi di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/1/2020).
Softbank dikabarkan berniat melakukan investasi US$ 100 miliar atau berkisar Rp 1.400 triliun. Hanya saja, Masayoshi mengaku bahwa pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat belum sampai pada komitmen angka investasi.

Menurut Masayoshi, pembahasan dengan orang nomor satu di Indonesia itu mengenai potensi investasi yang bisa dilakukan oleh Softbank.

"Kami belum memutuskan angkanya, kami baru mendiskusikannya potensi-potensinya. Kami tidak mendiskusikan angka pasti," jelasnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Softbank berniat melakukan investasi US$ 100 miliar atau berkisar Rp 1.400 triliun. Dikatakan Luhut, Softbank ingin investasi di ibu kota baru.

CEO SoftBank Masayoshi Son akan menyambangi Luhut hari Jumat pekan ini. Luhut hampir tak percaya dengan besaran investasi yang akan ditanamkan Softbank.

"Hari Jumat, Masayoshi mau ke sini. Karena dia desak saya terus, dia mau investasi hampir US$ 100 miliar. Ya menurut, saya too good to be true," ungkap Luhut dalam sambutannya dalam acara Peringatan Natal di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)