Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 13:01 WIB

Jokowi Bakal Teken Perpres Badan Otorita Ibu Kota Baru Akhir Januari

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Badan Otorita Ibu Kota Baru akan segera dibentuk. Kini Badan Otorita tinggal menunggu restu Presiden Joko Widodo untuk mengesahkan landasan aturannya lewat Peraturan Presiden (Perpres).

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Suprihadi mengatakan badan ini akan dipimpin oleh kepala yang jabatannya setingkat menteri. Akhir Januari, Perpres akan diteken Jokowi.

"Kita akan segera bentuk Badan Otorita. Nanti akan ditetapkan dalam Perpres, nanti kepala Badan Otorita ini setingkat menteri. Akhir bulan ini akan ditanda tangani Presiden (Perpresnya)," ungkap Rudy dalam sebuah diskusi di Hotel Shangri La, Rabu (22/1/2020).


Meski Perpres sudah diteken, badan ini masih harus melakukan beberapa penyesuaian. Mulai dari menunggu penunjukan kepala, menyusun anggaran, hingga menyiapkan struktur deputinya.

"Nantinya pasti akan ada penyesuaian. Karena sebagai badan mereka harus menyiapkan semua, anggaran sampai ke struktur deputinya. Nanti Presiden yang tunjuk kepalanya," kata Rudy.

Rudy menegaskan penyesuaian itu akan dilakukan secepat mungkin. Pembahasan masterplan ibu kota baru sendiri tetap terus dibahas meski Badan Otorita sedang melakukan penyesuaian.


Bappenas dan lembaga terkait akan terus mengkaji masteplan saat Badan Otorita disiapkan. Saat Badan Otorita siap terbentuk pembahasan masterplan dialihkan ke badan tersebut.

"Kalau lamanya tergantung kesiapan lembaganya, tapi kan diharapkan cepat. Kita belum tahu nih pemilihan deputinya bagaimana, kalau di-bidding (lelang) cukup memakan waktu sih. Masterplan masih jalan sama Bappenas," ungkap Rudy.

"Badan Otorita kan bisa berjalan full butuh waktu, makanya kita ada tim koordinasi nih nah kita fasilitasi dulu lah. Semua kementerian akan bantu," tambahnya.

Simak Video "Ahok Calon Jadi Pemimpin Ibu Kota Baru, Ini Komentar Sandi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com