Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 19:30 WIB

Bocoran Buat Pengembang: Lokasi Apartemen yang Paling Laku se-Jakarta

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pasar apartemen di Jakarta makin diminati. Hingga saat ini, terdapat 168.400 unit apartemen yang berada di area Jakarta dengan jumlah penyerapan mencapai 81% dari total unit.

Angka itu sudah termasuk unit apartemen yang baru dibuka di 2019 yaitu sebanyak 19.100 unit dengan penyerapan sebanyak 2.100 unit.

Lantas, area mana yang paling banyak diburu pembeli?

Menurut Head of Research & Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus, area Jakarta Barat adalah yang paling laku dibanding area lainnya di wilayah non-CBD Jakarta.

"Distribusi terbanyak di area Jakarta Barat sebesar 23%, lalu disusul Jakarta Utara sebanyak 19%, Jakarta Selatan 18%, Jakarta Pusat 15%, dan yang paling sedikit itu di Jakarta Timur yang cuma 6%," ujar Anton dalam konferensi pers di Panin Tower, Jakarta, Rabu (22/1/2020).


Tingginya permintaan di area tersebut dianggap dapat menggerakkan pengembang untuk lebih agresif lagi membangun apartemen pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

"Pengembang tampaknya masih tertarik untuk menambah apartemen baru di Jakarta terutama di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan," imbuhnya.

Hingga 2023 mendatang, diprediksi bakal ada tambahan sebanyak 49.200 unit apartemen baru. Di mana, 31% nya bakal di bangun di wilayah Jakarta Selatan, dan 25% nya di Jakarta Barat.

Sisanya, Jakarta Utara hanya akan bertambah lebih kurang 17% dari prediksi tersebut, Jakarta Timur 15%, dan Jakarta Pusat 7%.

Sejalan dengan itu, pertumbuhan harga pada kawasan Jakarta pun mengalami pertumbuhan yang signifikan.


Saat ini, rata-rata kisaran harga unit apartemen di Jakarta berada pada level Rp 26,6 juta per meter persegi.

Secara indeks, unit apartemen kategori gedung lower middle rata-rata dihargai sebesar Rp 17,6 juta per m2, gedung mid-end rata-ratanya dihargai Rp 24,3 juta per m2.

Sementara harga jual unit apartemen di gedung upper-middle adalah Rp 34,3 juta per m2, gedung upper sebesar Rp 43,7 juta per m2, dan high-end sebesar Rp 58,6 juta per m2.

Bocoran Buat Pengembang: Lokasi Apartemen yang Paling Laku se-Jakarta


Simak Video "Cuaca Dingin Ekstrem, Apartemen di Rusia Nyaris Beku"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com