Rusun Pertama Buat Mahasiswa Unpad Diresmikan

Muhamad Rizal - detikFinance
Sabtu, 01 Feb 2020 22:26 WIB
Rusun Mahasiswa Unpad
Foto: Muhamad Rizal
Sumedang -

Rumah susun untuk mahasiswa Unpad di kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, merupakan salah satu program skala prioritas Presiden Joko Widodo sebagai penunjang pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Pembangunan rumah susun ini merupakan program prioritas Pak Presiden. Beliau meminta untuk fasilitas pendidikan diprioritaskan," kata Basuki kepada awak media usai meresmikan Rumah Susun Mahasiswa di kampus Unpad, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020) sore.

Basuki mengatakan pembangunan rumah susun sebagai fasilitas pendidikan ini sudah dibangun di beberapa universitas negeri lainnya yaitu ITB, UI, UGM dan UPI.

Basuki menitipkan kepada pihak kampus dan mahasiswa untuk merawat rumah susun tersebut.

"Harus dirawat dengan baik, dijaga kebersihannya," ucap Basuki.

Rusun Pertama Buat Mahasiswa Unpad DiresmikanFoto: Muhamad Rizal

Selain rumah susun bagi mahasiswa, pemerintah akan memfasilitasi kawasan pendidikan dengan air bersih melalui embung (danau) dengan tambahan regulator. Air tersebut laik diminum.

"Kita akan menyediakan air bersih yang langsung diminum. Mengurangi pengeluaran mahasiswa bisa langsung minum dari lagulator," ujar Basuki

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan rumah susun ini merupakan yang pertama dibangun di kampus Unpad. Bangunan memiliki empat lantai dengan fasilitas 50 kamar yang dapat dihuni empat mahasiswa per kamar

Rumah susun ini sangat menunjang pendidikan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Hadirnya rumah susun ini menjadikan mahasiswa tidak perlu khawatir untuk mencari tempat tinggal.

"Ini yang pertama dibangun di Unpad. Tentunya, karena ini dibiayai APBD, kami akan merawatnya sebaik mungkin. Harapannya, tidak hanya satu ini saja. Karena kami keluarga besar, kurang lebih ada 38 ribu mahasiswa di sini," tutur Rina.

Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu diharapkan pada tahun 2021 mendatang sudah bisa beroperasi. Tol sepanjang 61,7 km ini akan menjadi penunjung akses menuju Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Mudah mudahan tahun depan sudah bisa kita selesaiakan untuk Cisumdawu ini. Kita memang terus berupaya melakukan percepatan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi yang sama.

Basuki mengatakan Kementerian PUPR tengah fokus pada penuntasan sisa lahan yang belum dibebaskan.

"Untuk pembebasan lahannya sudah di beberapa bisa kita laksanakan," ucap Basuki.

Selain itu, Basuki juga menyoroti pembangunan underpass Tol Cisumdawu di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kementerian PUPR menargetkan bangunan tersebut selesai sebelum Lebaran 2020. Sehingga proses pembangunannya tidak akan menghambat arus mudik Lebaran.

"Kita fokus juga untuk percepatan underpass Simpang Cileunyi. Sehingga tahun depan sudah bisa selesai," ujar Basuki.



Simak Video "Menteri Basuki Hibur Tamu di ITB di Sela Pemberian Doktor Kehormatan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)