Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Feb 2020 12:53 WIB

Pindah Ibu Kota RI Disebut yang Pertama di Dunia, Kok Bisa?

Danang Sugianto - detikFinance
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengikuti rapat kerja bersama Komite I DPD RI. Raker itu membahas Ibu Kota Negara baru. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Indonesia disebut yang pertama di dunia, yang memindahkan IKN antar pulau. Selain itu prosesnya dianggap memiliki daya tarik yang tinggi bagi negara-negara lain.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat rapat kerja dengan Komisi DPR di gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Suharso mengatakan, beberapa pihak internasional mengatakan bahwa IKN baru Indonesia seharusnya laboratorium tentang inovasi dan solusi pembangunan perkotaan. Sebab menurut mereka pemindahan IKN Indonesia merupakan yang pertama di dunia karena antar pulau.

"Karena ini pertama kalinya di dunia memindahkan ibu kota negara dari satu pulau ke pulau lain itu belum pernah terjadi dan kehiruk-pikukannya," ujarnya.

Selain itu, hiruk-pikuk pemindahan IKN Indonesia juga dianggap menarik perhatian para pakar dunia. Mereka tertarik mengikuti seluruh proses pemindahan IKN hingga terealisasi.

"Jadi mereka ingin melihat. Saya pikir mata dunia seperti menonton final sepak bola dunia. Mudah-mudahan kita bisa jadikan the best on earth," tuturnya.



Simak Video "Bikin Transportasi Otomatis di Ibu Kota Baru Tak Semahal MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com