Penjelasan Bappenas soal Ibu Kota Baru Ala Manhattan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 12 Feb 2020 20:23 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hari ini menyaksikan pengumuman pemenang desain ibu kota negara baru dalam sayembara. Yuk, lihat desain pemenang sayembara itu.
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Pembangunan kawasan inti dari wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dikonsepkan mirip dengan kota Manhattan, negara bagian New York, Amerika Serikat (AS).

Namun, menurut pihak Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Manhattan tidak merujuk pada konsep pengembangan wilayah, namun lebih pada luasan wilayah pengembangan ibu kota baru yang dianggap sala luas dengan Manhattan.

Dalam data perencanaan pembangunan IKN dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), total lahan kawasan IKN seluas 256.142,74 hektare (Ha). Sedangkan, kawasan intinya akan dibangun di atas lahan seluas 56.189,87 Ha, kawasan inilah yang disebut sebagai Little Manhattan.

Sebelumnya dalam pemberitaan detikcom, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyampaikan, konsep blok-blok perkotaan IKN baru memang mirip dengan tata kota Manhattan. Namun dia pastikan bahwa separuhnya adalah RTH.

"Ini konsepnya yang seperti Mangattan, nanti blok-blok seperti ini untuk pengembangan kotanya. Tapi paling tidak 50% harus RTH," jelas Rudy.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/hns)