Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 21:15 WIB

Tony Blair Mau Bertemu Jokowi Bahas Ibu Kota Baru

Soraya Novika - detikFinance
Seberapa Besar Pengaruh Tony Blair Cs Terhadap Pembangunan Ibu Kota Baru? Foto: DW (News)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa pekan depan tepatnya pada 28 Februari 2020 mendatang, dua tokoh internasional yang masuk tim pemindahan ibu negara negara (IKN) bakal menghadap Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Kedua tokoh tersebut adalah CEO Softbank Masayoshi Son dan Eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Keduanya diundang dalam rangka mematangkan konsep IKN yang pembangunannya dimulai pada 2021 mendatang tersebut.

"Nanti tanggal 28 Februari, kita berharap nanti Masayoshi danTony Blair datang menghadap Presiden," ujar Luhut usai menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil di kantornya, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Tak hanya mematangkan konsep pembangunan IKN, kehadiran kedua tokoh tersebut nantinya juga untuk membahas terkait besaran investasi yang bakal diberikan untuk mega proyek tersebut.

"Ya mereka mau investasi," sambungnya.

Menurut Luhut, sebenarnya kedua investor tersebut telah menyebut besaran investasi yang akan diberikan kepada internal pemerintah, akan tetapi ia enggan membocorkan angkanya kepada publik untuk saat ini. Sebab masih akan dibahas secara mendalam ketika pertemuan keduanya dan Jokowi berlangsung pada pekan depan tersebut.

"Mereka sudah sebutkan, (berapa?) Mau tau aja," pungkasnya.

Di sisi lain, Menteri Airlangga yang juga hadir dalam rakor tersebut juga menyebutkan materi serupa.

"Tadi mengenai persiapan untuk konsep ibu kota negara, tapi masih pembahasan, jadi belum bisa kami sampaikan, masih ada rapat lagi minggu depan," ujar Airlangga.

Demikian pula, Sofyan Djalil membalas jawaban yang tak jauh berbeda. "Masih bicara lanjutan, nanti tanya ke pak Menko saja (Luhut),"kata Sofyan.



Simak Video "Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota, Duitnya dari Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com