Bos BKPM Bikin Takjub Jokowi soal Mafia Tanah di Banten

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 20 Feb 2020 11:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Andhika/detikcom)
Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampaknya cukup puas dengan kinerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Meski terbilang muda, Bahlil mampu menjawab tantangan yang diberikan Jokowi.

Urusan investasi di Indonesia memang terbilang memiliki persoalan yang pelik. Permasalahannya mulai dari izin yang berbelit hingga urusan mafia di daerah.

Menurut Jokowi, Bahlil dengan rasa percaya diri menawarkan dirinya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jokowi pun memberikan tes kepada Bahlil untuk menyelesaikan masalah investasi PT Lotte Chemical Indonesia di Banten yang nyaris batal karena mafia.

"Untung saya memiliki menteri muda di BKPM. 'Pak beri waktu saya 1 bulan saya selesaikan'. Saya tes coba di Banten selesaikan Lotte," tuturnya dalam acara Rakornas Investasi 2020 di Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Jokowi pun takjub, ternyata Bahlil mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dalam waktu yang singkat. Mafia tanah yang mengganjal investasi Lotte sebesar Rp 50 triliun pun akhirnya diringkus.

"Nggak ada dua minggu rampung. Saya nggak tau dibisikin apa, dibawa apa, nggak ngerti saya tapi bisa selesaikan. Coba selesaikan Jateng, eh selesai. Ya ini kerja-kerja seperti ini yang kita butuhkan menyelesaikan persoalan, masalah secara kongkret," tambahnya.

Jokowi pun menaruh harapan besar kepada Bahlil. Dia harap BKPM bukan hanya bisa melayani investor besar dari negara lain tapi juga investor kecil.



Simak Video "153 Perusahaan Siap Investasi ke Indonesia Usai UU Ciptaker Berlaku"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)