Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Feb 2020 11:05 WIB

Di Ibu Kota Baru, ke Mana-mana Cuma Butuh 10 Menit

Trio Hamdani - detikFinance
Juara 1 Desain Ibu Kota Baru Desain Ibu Kota Baru/Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Sekretaris Tim Kajian Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PPN/Bappenas Hayu Parasati menjelaskan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) akan dibuat senyaman mungkin. Tak seperti di Jakarta yang ke mana-mana butuh waktu berjam-jam, di ibu kota baru hanya butuh 10 menit.

Dia menjelaskan, ibu kota baru dibuat dengan konsep compact city, yaitu kota jarak pendek yang mengedepankan kepadatan hunian. Dengan kata lain dari satu titik ke titik lain, jaraknya berdekatan.

"Kota ini tidak eksklusif, sehingga yang dibangun bukan memanjang atau seperti apa, tapi dia compact, compact-nya adalah di setiap klaster itu ada pusat kegiatannya. Jadi tidak seperti di Jakarta bila kita ingin berkantor, tunggu 2 jam perjalanan dulu sampai ke ujung," kata dia dalam Dialog Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Di ibu kota baru, dia menjelaskan dari rumah ke titik transportasi publik dan pusat-pusat kegiatan hanya memakan waktu 10 menit.

"Bagaimana kotanya harus nyaman, jadi kalau istilahnya workable city. Hanya 10 menit dari perumahan menuju pusat-pusat transportasi publik, menuju pusat-pusat keramaian atau pusat-pusat kegiatan, 10 menit," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, transportasi di ibu kota baru tidak berorientasi mobil atau kendaraan roda empat pribadi, tapi mengedepankan konsep klaster.

"Artinya apa? artinya transportasi di sini tidak berorientasi mobil, pertama. Yang penting ini, jadi membangun klaster-klasternya itu harus sudah dalam 10 menit," tambahnya.



Simak Video "Jokowi Sebut Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com