Dibangun Sejak 2017, Apa Kabar Hunian Nempel Stasiun?

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 26 Feb 2020 15:48 WIB
Rusun Perumnas di Medan
Foto: Muhammad Idris
Jakarta -

Sejak dibangun dari tahun 2017-2018 lalu, proyek perumahan Transit Oriented Development (TOD) atau perumahan nempel stasiun kereta belum juga rampung. Ketiga proyek itu adalah TOD Stasiun Pondok Cina di Depok, TOD Stasiun Tanjung Barat di Jakarta Selatan, dan TOD Stasiun Rawabuntu di Serpong.

Rincinya, masing-masing peresmian pembangunan atau groundbreaking ketiga TOD tersebut di mulai per 15 Agusturs 2017 untuk TOD Tanjung Barat. Lalu, disusul TOD Pondok Cina pada 2 Oktober 2017 dan terakhir TOD Rawabuntu yang mulai dibangun pada 10 desember 2018.

Lalu, apa kabar pembangunan ketiga hunian tersebut?

Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo memastikan pembangunan ketiga proyek TOD tersebut masih terus berjalan dan secara infrastruktur sudah nyaris selesai semuanya.

"Kalau infrastruktur sudah hampir selesai semua," kata Bambang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dari ketiga proyek TOD tersebut, TOD Tanjung Barat atau yang diberi nama Mahata Tanjung Barat merupakan pembangunan paling cepat.

Hingga kini, hunian di samping Stasiun Tanjung Barat ini sudah sampai tahap pengerjaan Topping Off 2 tower-nya dengan total lantai masing-masing adalah 29 lantai dan 23 lantai.

"TOD Tanjung Barat ini progresnya sudah 38%, dua towernya sudah mau topping off," sambungnya.

Sedangkan, untuk pengerjaan TOD Pondok Cina atau yang disebut Mahata Margonda sudah masuk pada pembangunan lantai 12.

"TOD Pondok China ini progresnya sudah 37,66%, sudah masuk pembangunan lantai 12," ucapnya.

Kemudian, untuk TOD Rawa Buntu atau Mahata Serpong yang dibangun di dekat Stasiun Rawa Buntu Tangerang kini progres konstruksinya sudah pada tahap pengerjaan struktur atas.

"TOD Rawa Buntu progresnya sudah 21,35% atau sudah masuk tahap pengerjaan struktur atas untuk keenam towernya," pungkasnya.

Rencananya, seluruh TOD tersebut dapat rampung pada semester 2 tahun 2020 ini.



Simak Video "Stasiun Tanah Abang Tampil Beda, Bajaj Hingga Ojol Tak Lagi Semrawut"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)