Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Mar 2020 11:30 WIB

Jokowi Akui Ahok Masuk Daftar Calon Pimpinan Ibu Kota baru

Danang Sugianto - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional Foto: Andhika/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok masuk sebagai kandidat Kepala Badan Otorita di ibu kota negara (IKN) Kalimantan Timur. Namun, dibutuhkan payung hukum untuk menunjuk nama Ahok.

"Jadi untuk namanya otoritas ibu kota negara ini memang kita akan segera tanda tangan Perpres di mana nanti di situ ada CEO-nya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Jokowi menambahkan nama pimpinan Kepala Badan Otorita akan diumumkan dalam waktu dekat. Ada sejumlah nama antara lain, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, Tumiyono, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penunjukan Kepala Badan Otoritas IKN akan diumumkan langsung oleh Jokowi. Dia juga mengatakan bahwa Jokowi sudah memegang namanya.

"Nanti akan diumumkan. Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu," katanya di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com