Tips buat Milenial yang Ingin Punya Rumah Sejak Dini

Nurcholis Ma - detikFinance
Senin, 02 Mar 2020 13:21 WIB
Beli Rumah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta milenial yang belum memiliki hunian. Hal ini disebabkan karena harga rumah yang semakin meningkat, tetapi tak diikuti dengan kemampuan penghasilan.

Selain itu, generasi milenial juga diidentikkan sering menggunakan penghasilannya untuk hal-hal konsumtif dibanding kebutuhan primer seperti rumah. Untuk itu, ada baiknya milenial mengikuti kiat-kiat berikut jika ingin memiliki rumah sejak dini.

Jadikan Rumah Sebagai Prioritas Utama

Generasi milenial berada dalam usia produktif untuk bekerja dan menghasilkan uang. Untuk itu, generasi milenial yang sedang bekerja, terutama yang baru saja merintis karier, tetapkan prioritas bahwa rumah ialah kebutuhan mendasar.

Jika ingin membeli rumah dalam waktu yang tak terlalu lama, usahakan jangan membeli barang-barang berharga lainnya yang bernilai tinggi seperti mobil. Lalu juga kurangi pengeluaran yang tak termasuk kebutuhan primer, misalnya traveling.

Berinvestasi Sejak Dini

Saat ini pola pikir menabung harus segera dialihkan menjadi investasi. Generasi milenial bisa memanfaatkan berbagai platform investasi yang banyak beredar seperti reksadana, fintech peer to peer landing, hingga investasi emas.

Hasil cuan dari investasi tersebut bisa dialihkan nantinya untuk modal membeli hunian. Sebab, rumah juga termasuk dari bagian investasi tersebut. Baik sebagai hunian maupun harta kekayaan yang tak bergerak.

Manfaatkan Undian-undian Berhadiah

Generasi milenial dikenal sebagai kelompok yang melek informasi karena dekat dengan teknologi terkini. Seperti untuk mencari informasi program, promo, atau hal lainnya yang berhubungan dengan cara mendapatkan rumah lebih mudah.Misalnya dengan mengikuti undian berhadiah rumah yang salah satunya kini digelar oleh Smartfren.

Smartfren sedang menggelar program undian Smartfren WOW dengan hadiah utama rumah seharga miliaran rupiah. Undian ini terbuka untuk umum dan tak terkecuali milenial. Bahkan, pemenang undian Smartfren WOW tahap 5, yaitu Baroroh Shofiati (21) dari Jakarta Barat.

Ia merupakan milenial kedua yang mendapat hadiah rumah yang sebelumnya pemenang berasal dari generasi lebih tua. Shofi, panggilan akrabnya, mengaku hanya coba-coba menukar poin Smartfren untuk menjadi kupon hingga akhirnya mendapat rumah.

"Awalnya saya cuma coba-coba tukar poin Smartfren untuk menjadi kupon. Karena lihat di aplikasi ada undian. Saya coba tukarkan jadi 30 kupon," ujar Shofi.

Shofi mengaku sangat senang sekali dan tidak menyangka bisa mendapatkan rumah.

"Rumah ini juga impian keluarga saya untuk menjadi modal usaha juga. Siapa sih yang nggak mau punya rumah," ungkap Shofi.

Program undian Smartfren WOW merupakan program loyalitas kepada para pelanggan setia Smartfren berbasis aplikasi MySmartfren. Di aplikasi tersebut pelanggan dapat menukarkan poin Smartfren dengan berbagai macam hadiah menarik, dengan hadiah utama setiap tahapnya yaitu rumah senilai miliaran.

Ada juga 1 mobil Innova, 3 motor Vespa, 5 Samsung Note 10, 50 Samsung A10s dan ribuan hadiah lainnya. Saat ini undian Smartfren WOW sudah memasuki tahap ke-6 dan berlangsung hingga 29 Februari 2020 dan diundi setiap bulannya.

Ingin seperti Baroroh Shofiati? Caranya download aplikasi MySmartfren, kumpulkan dan tukarkan 100 SmartPoin dengan 1 kupon undian. SmartPoin bisa kamu dapatkan dengan pembelian paket data, nelpon dan SMS. Semakin banyak tukar kupon kesempatan menang lebih besar! Yuk, buruan ikuti undian #smartfrenWOW!



Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)