Basuki Pede Ibu Kota Baru Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 10 Mar 2020 19:35 WIB
Basuki Hadimuljono
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuldjono yakin Ibu Kota Negara (IKN) yang akan pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim) siap jadi tuan rumah ajang Olimpiade tahun 2032.

Menurutnya, apa yang diimpikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bisa terwujud. Pasalnya, pada tahun 2032 ia yakin wilayah IKN di Kaltim sudah terbangun.

"Itu kan cita-cita kalau 2032 Insya Allah ibu kota baru sudah ada, sudah 15 tahun. Saya kira iya (capable) sekarang saja udah capable," kata Basuki di kantornya, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengungkapkan, ada klaster khusus olahraga di wilayah ibu kota baru nantinya. Selain itu, pembangunan ibu kota baru akan dilakukan secara bertahap, yang pertama pada periode 2020-2024.

"Jadi ada desain utama pemerintah. Kalau olah raga itu klaster development. Ada klaster pendidikan, ada klaster pariwisata ada klaster pengembangan IT. Fasilitas sarana dan pra sarana olah raga ya kita dukunglah," urainya.

Sebagai informasi, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengklaim mendapat arahan Presiden Jokowi bahwa Jakarta harus jadi tuan rumah Olimpiade 2032.Hal itu akan diperjuangkan.

"Saya kapasitas Ketua Olimpiade Indonesia sedang berjuang atas perintah bapak presiden, untuk meminta Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Surat sudah dilayangkan langsung oleh presiden kepada IOC (Komite Olimpiade Internasional) itu minta Indonesia sebagai tuan rumah. Waktu saya tanya di mana tempat, Pak presiden jawab Jakarta," ucap Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, saat kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (14/3/2020).

Menurut Okto, keputusan dari IOC tidak akan lama. Selain itu, Olimpiade Tokyo 2020 menjadi ajang Indonesia untuk menyampaikan kemampuannya menjadi tuan rumah.

"Insyaallah keputusan ini akan diambil sebelum tahun 2024 sehingga di 2020 ini ada Olimpiade Tokyo, jadi ajang maksimal kita untuk promosi Indonesia yang mampu menjadi tuan rumah terbaik di 2032 di Jakarta," ucap Okto.



Simak Video "Ini Penampakan Desain Ibu Kota Baru Pemenang Sayembara"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)