Korban Corona Boleh Telat Cicil KPR

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 09:37 WIB
KPR
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta -

Bank-bank di Italia dan Inggris sedang akan melonggarkan pembayaran kredit rumah (mortgage) untuk orang-orang yang terkena virus corona. Sebab, jumlah kasus corona di Eropa meningkat tajam.

Mengutip CNN, Rabu (11/2/2020) Royal Bank of Scotland (RBS) sebuah bank terkemuka di Inggris, menyatakan pada Selasa lalu bahwa nasabah yang jatuh dalam kesulitan keuangan akibat virus corona dapat meminta penundaan pembayaran pinjaman hingga tiga bulan.

Di saat yang sama, Kementerian Ekonomi Italia menyatakan pembayaran pinjaman akan ditangguhkan. Italia merupakan salah satu negara terbesar di luar China yang diserang wabah corona. Juru bicara kementerian mengatakan, rincian lebih lanjut dari penangguhan akan diterbitkan Selasa atau Rabu.

Hampir 100 orang meninggal dunia akibat virus corona di Italia sejak hari Minggu, sehingga jumlah total kematian di negara itu menjadi 463. Sejauh ini, Italia memiliki 9.172 kasus virus corona.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan Senin malam bahwa langkah-langkah karantina akan diperpanjang, menempatkan ekonomi terbesar kedelapan di dunia terisolasi sebagian (lockdown).

Kerajaan Inggris telah melaporkan lebih dari 270 kasus virus corona dan enam kematian. Pemerintah telah meminta para pelancong yang telah ke Italia, Iran, serta bagian dari Korea Selatan dan Cina, untuk mengisolasi diri mereka sendiri.

RBS mengatakan bahwa nasabah juga dapat meminta kenaikan sementara batas saldo kartu kredit dan penarikan tunai.

"Kami akan mendorong setiap pelanggan yang mengalami kesulitan keuangan untuk menghubungi kami," kata bank dalam sebuah pernyataan.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)