Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Apr 2020 17:36 WIB

Hotel Berbintang Dijual Online Muncul di Tengah Corona, Ada Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Hotel Aryaduta Foto: Dok Hotel Aryaduta
Jakarta -

Hotel-hotel berbintang di Jakarta muncul di situs jual beli properti online. Informasi ini beredar di tengah merebaknya wabah Corona yang telah memukul berbagai kegiatan bisnis di Indonesia, termasuk hotel.

Sebenarnya ada apa? Benarkah penjualan hotel berbintang itu?

"Kalau saya perhatikan ya star hotel ya. Star hotel saya lihat cukup banyak juga ya yang mulai menjual," ujar Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Maulana, saat dihubungi detikcom, Rabu (29/4/2020).

Dia menjelaskan ada pengusaha hotel yang sudah mulai menjual propertinya sebelum ada COVID-19. Namun adanya pandemi tersebut memang membuat makin banyak pengusaha yang memutuskan menjual asetnya itu.

"Tidak bisa juga dipungkiri bahwa kondisi saat ini juga ya kan, daya tahan dari pada masing-masing pelaku itu berbeda-beda ya. Apalagi kondisi pandemi ini tidak bisa kita prediksi," jelasnya.


Saat ini okupansi hotel tinggal di bawah satu digit atau di bawah 10%. Sedang beban operasional hotel terus berjalan sehingga menyulitkan keuangan perusahaan. Belum lagi mereka dibebankan oleh kredit perbankan.

"Contohnya walaupun (hotel) itu ditutup kan dia tetap jalan, kayak PLN, kita mesti tetap harus bayar, hal-hal tertentu kita masih ada operation. Jadi bukan berarti kita nggak keluar biaya. Jadi diam pun dia ada biaya. nggak bisa 0. Apalagi pelaku usaha yang punya kewajiban bank ya," terangnya.

Pandemi COVID-19 pun tak pandang bulu. Hotel berbintang yang kelihatan berdiri kokoh justru terdampak paling parah. Untuk itu pihaknya berharap mendapatkan keringanan.

"Justru mereka (hotel berbintang) bebannya lebih besar lagi. Bayangkan listrik ya, listrik itu kan kita mintanya cuma pemakaian beban minimum. Biaya minimumnya. Nah PLN itu kan nggak kita minta gratis. Nggak ada statement kita kita minta digratisin. Tapi kita mintanya biaya hidup minimumnya itu dihilangkan karena kita nggak bakal pakai maksimum saat ini dengan okupansi kita di single digit," tambahnya.

Pengin tahu hotel mana saja yang dijual via lapak online? Buruan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pria Bugil Keluar Hotel di Medan Gegara Diperas Waria"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com