Jokowi Endus Pembebasan Lahan Hambat Proyek Strategis Nasional

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 11:20 WIB
Presiden Jokowi mengecek persiapan new normal di stasiun MRT dan Summarecon Mall Bekasi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta agar Proyek Strategis Nasional (PSN) terus jalan di tengah pandemi Corona. Namun dia mencium adanya permasalahan pembebasan lahan yang menghambat pelaksanaan PSN.

Jokowi minta agar proyek-proyek yang sudah ditetapkan dalam PSN bisa diprioritaskan. Terlebih untuk proyek-proyek yang dinilai berdampak langsung terhadap pemulihan ekonomi.

Namun pelaksanaan PSN masih menghadapi berbagai kendala. Jokowi mengaku mendapatkan informasi bahwa salah satu kendala pelaksanaan PSN adalah pembebasan lahan.

"Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan berbagai sumbatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," tegasnya saat membuka rapat terbatas virtual, Jumat (29/5/2020).


Menurut Jokowi saat ini juga sudah masuk adanya usulan tambahan 245 proyek ke dalam PSN. Jokowi minta usulan tambahan itu disaring untuk dipilih proyek yang bisa memulihkan ekonomi di masa pandemi.

"Terkait dengan usulan 245 PSN baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi. Prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca pandemi saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," tegasnya.



Simak Video "Ratas PSN, Jokowi: Prioritaskan yang Berdampak Langsung ke Ekonomi Rakyat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)