Ada Corona, PNS Tetap Pindah ke Ibu Kota Baru?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 16:05 WIB
Tertib berlalu lintas masih jauh dari kata sempurna di Ibu Kota. Salah satunya masih banyak pengendara yang nekat lawan arah untuk memangkas jarak tempuh.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

ASN atau PNS pemerintah pusat bakal hijrah ke ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2024. Namun Indonesia yang saat ini dilanda pandemi COVID-19, akankah membuat rencana tersebut tertunda?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya optimis bahwa PNS pemerintah pusat akan pindah ke IKN pada 2024.

"Saya cukup optimis tahun 2024 akan juga sudah bisa terlaksana dengan berbagai tantangan dan permasalahan dari beberapa langkah-langkah menghadapi pandemi COVID ini," kata Tjahjo dalam Webinar di saluran YouTube Kementerian PANRB, Senin (22/6/2020).

Dia menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan peta jalan alias roadmap dalam rangka memindahkan ASN pemerintah pusat ke ibu kota baru.

"Kami juga sudah mempersiapkan sebuah roadmap untuk rencana perpindahan ASN di tingkat kementerian/lembaga di rencana ibu kota baru nanti," sebutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari lalu, sebelum virus Corona merebak, memastikan bahwa seluruh abdi negara khususnya yang bekerja di pemerintah pusat akan hijrah ke ibu kota negara baru di tahun 2024.

Jokowi bilang, seluruh PNS pusat akan pindah ke Kaltim karena empat tahun ke depan pembangunan kluster pemerintah sudah selesai.

"Pindah semuanya langsung," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).



Simak Video " ASN di Ibu Kota Baru Harus Mempunyai Kompetensi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)