Terpopuler Sepekan

Rumah Termahal di Dunia Itu Milik Orang India Berharta Rp 900 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 27 Jun 2020 14:45 WIB
Rumah Mukesh Ambani
Foto: Vanity Fair
Jakarta -

Mukesh Ambani masuk dalam daftar 10 orang terkaya dunia menurut majalah Forbes. Jumlah hartanya saat ini mencapai US$ 64,4 miliar atau sekitar Rp 901 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Mukesh juga jadi bahan pembicaraan dunia lantaran membangun gedung pencakar langit di Mumbai untuk kediaman keluarganya. Gedung tingkat 27 itu diperkirakan merupakan hunian termahal di dunia.

Sejumlah surat kabar menyebutkan gedung itu memerlukan sekitar 600 orang untuk perawatan. Dengan tinggi sekitar 173 meter, harga rumah pemilik Reliance Industries itu ditaksir lebih dari US$ 1 miliar (pada 2012).

Berlokasi di Mumbai, rumah mewah yang disebut Antilia ini juga berisi tempat-tempat kebugaran dengan gym dan studio tari, juga kolam renang, ballroom, kamar tamu, lounge, dan bioskop dengan kapasitas 50 orang.

Khusus untuk tamu-tamunya, Ambani menyediakan berbagai moda transportasi untuk mencapai rumah mewahnya tersebut. Untuk menghindari kemacetan parah di Mumbai, disediakan berbagai jenis transportasi termasuk helikopter. Setidaknya ada 3 heli pad di atas rumah Ambani tersebut. Sementara di lantai bawah, tersedia ruangan parkir yang muat 160 kendaraan.

Di rumah tersebut juga disediakan 9 lift yang tersedia di lobi. Lantai atasnya menghadap ke kota Mumbai dan Laut Arabia.

Rumah tersebut juga dilengkapi dengan cerobong asap dari kaca, baja, dan keramik dengan taman gantung 4 tingkat. Menurut laporan, rumah tersebut hampir seluruhnya menggunakan material lokal.

Forbes menuliskan tanaman-tanaman di rumah tersebut menghemat energi dengan menyerap cahaya matahari, sehingga membuat rumah tersebut tetap dingin ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin.

Biaya untuk membangun rumah megah itu diperkirakan mencapai Rp 672 miliar. Namun karena astronomi tanah dan harga properti, kemungkinan nilainya mencapai 15 kali dari jumlah itu. Para ahli mengatakan, tidak ada properti pribadi yang menyerupai rumah Ambani tersebut di dunia.



Simak Video "Jack Ma Lepas Gelar Orang Terkaya di Asia ke Mukesh Ambani"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)