5.950 Sertifikat Tanah Warga Lampung Dibagikan Secara Virtual

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 03 Jul 2020 16:28 WIB
Jokowi bagikan sertifikat tanah di Pontianak.
Ilustrasi/Foto: Kris-Biro Pers Setpres
Jakarta -

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) kembali membagikan sertifikat tanah. Kali ini digelar secara virtual dan diserahkan kepada warga Kota Metro, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Utara di Provinsi Lampung.

Maksud dari penyerahan sertifikat tanah secara virtual ini adalah pemerintah hanya membagikan kepada beberapa penerima sertifikat secara simbolik lalu nanti sisanya akan diserahkan secara bertahap kepada masing-masing penerimanya.

"Kepada masyarakat penerima sertifikat saya ucapkan selamat," kata Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah secara Virtual, Jumat (3/7/2020).

Menurut Gubernur Lampung Arinal Junaidi, total sertifikat tanah yang siap dibagikan ke warga di 3 kabupaten kota tersebut adalah sebanyak 5.950 sertifikat.

"Hari ini akan diserahkan sebanyak 5.950 sertifikat hak atas tanah secara virtual di 3 kabupaten kota yaitu Kota Metro sebanyak 1.350 sertifikat diserahkan secara simbolik 5 sertifikat, Kabupaten Lampung Utara 2.100 sertifikat diserahkan secara simbolik 5 sertifikat, dan Kabupaten Tanggamus sebanyak 2.500 sertifikat diserahkan secara simbolik 5 sertifikat," papar Arinal.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kota Metro Rahmat memastikan seluruh sertifikat tanah yang sudah jadi bakal segera diserahkan ke seluruh warga usai digelar acara ini. Selambat-lambatnya dua minggu setelah acara digelar seluruh sertifikat sampai kepada yang berhak.

"Di tahun 2020 ini ditargetkan 1.350, sebanyak itu juga kami serahkan secara simbolik pada sore hari ini dan kemudian akan kami bagikan secara langsung ke masyarakat yang kami jadwalkan 2 minggu kemudian," kata Rahmat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Utara Agus Purwanto juga menyampaikan hal serupa. Ia memastikan mulai 3 hari setelah acara ini, seluruh sertifikat akan mulai diserahkan ke masyarakat yang berhak.

"Sisa penyerahan akan kami laksanakan 3 hari ke depan mulai hari Senin," tambahnya.

Terakhir, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanggamus Rudi Prihantoro memastikan sisa sertifikat tanah siap diserahkan mulai hari ini dan ditarget rampung 100% di minggu kedua bulan ini.

"Sertifikat siap diserahkan pada hari ini sejumlah 2.500. Penyelesaian PTSL 2020 ditargetkan selesai 100% di minggu kedua bulan Juli 2020 ini," tutupnya.



Simak Video "Sambangi Komnas HAM, Suku Anak Dalam Ngadu soal Lahan Direbut"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)