9.159 Sertifikat Tanah Warga Gorontalo Dibagikan Secara Virtual

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 13:50 WIB
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan sertifikat tanah untuk 7.000 masyarakat Kabupaten/Kota Bogor. Sertifikat tanah diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke 12 perwakilan warga.
Ilustrasi Foto: dok. Kementerian ATR/BPN
Jakarta -

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) kembali membagikan sertifikat tanah. Kali ini digelar secara virtual dan diserahkan kepada warga di 5 kabupaten di Provinsi Gorontalo.

"Selamat kepada 9.159 penerima sertifikat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di 5 kabupaten di Provinsi Gorontalo dari Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto dalam acara penyerahan sertifikat tanah secara virtual, Jumat (10/7/2020).

Pada acara penyerahan sertifikat hari ini, pemerintah hanya membagikan kepada beberapa penerima sertifikat tanah secara simbolik lalu nanti sisanya akan diserahkan secara bertahap kepada masing-masing penerimanya. Himawan mengimbau kepada para aparat Kantor Pertanahan di masing-masing kabupaten, agar dapat menyerahkan sisanya paling lambat 3 minggu setelah acara ini diselenggarakan.

"Tadi baru diselesaikan sebagian, tentunya dalam 3 minggu ke depan agar diserahkan langsung ke masyarakat agar bisa digunakan untuk kebutuhan atau menyimpannya untuk memberikan kepastian hukum bagi tanah yang dimiliki masyarakat," imbaunya.

Dengan begitu, total bidang tanah yang sudah tersertifikasi di seluruh Indonesia kini sudah mencapai hampir 70 juta bidang tanah dari total 160 juta bidang tanah.

"Kita perlu mempercepat program pembagian sertifikat tanah ini dan ditargetkan agar seluruh peta bidang tanah sudah terpetakan dan bersertifikat di 2025," pungkasnya.



Simak Video "Sertifikat Tanah Disebut Tak Berguna, Jokowi: Kita Lanjutkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)