Tak Disebut Jokowi di Pidato DPR, Bagaimana Nasib Ibu Kota Baru?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 18:40 WIB
Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara disebut sebagai lokasi Ibu kota baru. Pemilihan lokasi ini diduga karena di Sepaku banyak lahan negara.
Lahan di Ibu Kota Baru/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini telah menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR & DPD RI dan Nota Keuangan di Gedung MPR/DPR.

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tak menyinggung proyek pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Lantas bagaimana nasib mega proyek tersebut pada tahun depan?

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa saat ini proyek tersebut dalam posisi standby.

"Ibu kota negara masih proyek yang sifatnya standby," kata dia dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021 yang tayang di YouTube, Jumat (14/8/2020).

Dia mengatakan pada tahun ini pihaknya akan menyelesaikan masterplan dan detail plan proyek tersebut.

Selain itu beberapa kegiatan fisik seperti pembangunan infrastruktur dasar di beberapa wilayah ibu kota baru akan tetap disiapkan.

"Beberapa kegiatan yang sifatnya infrastruktur dasar tetap akan disiapkan khususnya yang terkait dengan kota-kota Samarinda dan Balikpapan," tambahnya.



Simak Video "Suasana Gedung Parlemen Jelang Pidato Kenegaraan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)