BSD Bakal Dilengkapi TOD, Begini Konsepnya

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 13 Sep 2020 16:26 WIB
Masyarakat menggunakan fasilitas tranpostasi di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (19/6/2019). Gedung baru stasiun Cisauk beroperasi dan terintegrasi dengan pengembangan kawasan Intermoda BSD City yang berorientasi pada kemudahan akses transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD). Berdiri di atas lahan seluas 11.440 meter persegi, Stasiun Cisauk dibangun dengan konsep arsitektur futuristik serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Stasiun memiliki dua lantai dengan dilengkapi eskalator dan lift yang memudahkan pergerakan penyandang disabilitas.
Ilustrasi TOD di BSD (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk. memulai kerja sama dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation. Kerja sama ini bertujuan membuat pengembangan sebuah transit-oriented development (TOD) berkonsep smart di BSD City, Indonesia.

Didirikan pada Maret 2019, Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura dengan fokus untuk pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana akan membuat pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan pasca-pandemi yang berlangsung saat ini.

BSD City merupakan pengembangan berskala kota dari Sinar Mas Land di Tangerang, Banten. Pembangunannya dimulai sejak 1980-an dan terus berkembang dengan beragam fasilitas, seperti pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan convention centre.

Sejalan dengan pengembangan tersebut, Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektare di BSD City dengan konsep TOD.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia," kata Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, Michael Widjaja dalam keterangan tertulis, Minggu (13/9/2020).

Pengumuman kerja sama ini melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di semester pertama 2020 dengan jumlah US$ 3,4 miliar (4,6 miliar dolar Singapura) dalam 5.348 proyek. Jepang menempati posisi penanam modal asing kedua dengan investasi sejumlah US$ 2,4 miliar (3,3 miliar dolar Singapura) melalui 3.708 proyek di Indonesia.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbaharui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi.

"Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan serta menjadi peluang besar untuk Mitbana. Kami bersemangat mewujudkan visi kita bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan. Saat dunia sedang berjuang dalam pandemi COVID-19, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Oleh sebab itu, kami bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang," kata Chief Executive Officer Mitbana Gareth Wong.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong. Kerja sama dengan Mitsubishi Corporation dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif dengan teknologi smart-home terdepan dari Mitsubishi. Di township lain, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektar.



Simak Video "Serunya Nonton Film di Bioskop Mini"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)