Resep Bisnis Properti Selamat dari Ganasnya Dampak Pandemi

- detikFinance
Selasa, 15 Sep 2020 16:11 WIB
Apartemen Sentra Timur Residence
Foto: Bakrie Pangripta Loka
Jakarta -

Pandemi virus Corona memaksa masyarakat membatasi aktivitasnya di luar rumah. Kondisi ini membuat banyak industri merana, salah satunya adalah industri sektor properti.

Namun, bukan berarti pelaku industri tak bisa melakukan apa-apa untuk keluar dari kondisi ini. Salah satu solusi adalah dengan gencar pada strategi digitalisasi melalui pameran property secara virtual. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh Perumnas dengan berkolaborasi dengan Bank BTN, Bank BNI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami saat ini tengah mengambil langkah baru dalam memasarkan produk perumahan Perumnas dengan menghadirkan booth-booth secara virtual. Konsep digitalisasi pameran seperti ini yang akan kami usung kedepannya" ujar Budi Saddewa Soediro belum lama ini di Jakarta.

Kami melihat animo yang baik pada virtual event pada kolaborasi pameran property secara virtual dengan Bank BNI dan Kementerian PUPR di Agustus lalu, sehingga kami menyambut baik adanya kolaborasi dengan Bank BTN di bulan September ini, papar Budi.

Calon konsumen dapat mengakses melalui gadget masing-masing untuk melihat list proyek perumahan yang kami tawarkan, sehingga konsumen tidak perlu keluar rumah secara fisik. Konsep pameran properti seperti ini juga dikemas dengan tambahan fitur membayar booking fee serta mengajukan KPR secara online, sehingga semakin memudahkan konsumen nantinya dalam bertransaksi, tambahnya

Budi menjelaskan, terdapat banyak proyek perumahan Perumnas yang dihadirkan dalam booth pameran property virtual ini baik itu berupa rumah tapak maupun rumah susun. Khusus pada pameran Virtual Expo Hapernas 2020 Perumnas menghadirkan 13 project dengan fasilitas subsidi yang menjangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

Budi menjelaskan khusus untuk kolaborasi dengan Bank BTN dengan tajuk Virtual Event IPEX BTN 2020 yang berlangsung hingga 30 September 2020, Perumnas menghadirkan 15 proyek unggulan baik berupa format rumah tapak maupun rumah susun yang mengusung nama Samesta.

Diantaranya area Jakarta, Depok dan Tangerang terdapat Samesta Mahata Serpong Tangerang Selatan, Samesta Mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda Depok, Samesta Alonia Jakarta dan Samesta Sentraland Cengkareng Jakarta.

Di area Medan, Semarang, Surabaya terdapat Samesta Sentraland Medan, Samesta Green Nongsa City, Samesta Klipang Green 2, Samesta Sentraland Surabaya.

Selanjutnya untuk area Karawang, Purwakarta, Bogor dan Bandung terdapat Samesta Grand Sentraland Karawang, Samesta Royal Campaka Purwakarta, Samesta Dramaga Bogor , Samesta Parayasa Bogor, Samesta Pasadana Bandung dan Samesta Antaloca Bandung.

"Kami sangat optimis dengan adanya pameran property virtual seperti ini akan menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya untuk konsep retail di masa new normal. Konsep penjualan secara retail secara target di tahun ini kami menargetkan dapat mengantongi 830 M atau setara dengan 3200 unit. Ke depannya inovasi pemasaran dengan konsep digitalisasi seperti ini akan kami gencarkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi", tutup Budi.



Simak Video "Apa Kabar Super Megablok Properti Keluarga Habibie di Batam?"
[Gambas:Video 20detik]
(Tim detikcom/dna)