3 Fakta Menarik Rumah 'Tipis' Seharga Rp 18 Miliar

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 21 Sep 2020 18:01 WIB
rumah sempit di London
Foto: Dok. Winkworth
Jakarta -

Rumah yang satu ini lebarnya hanya 5 kaki alias 1,5 meter, tapi harganya mencapai US$ 1,3 juta atau setara Rp 18,8 miliar (kurs Rp 14.500/US$). Rumah mungil ini terletak di Shepherd's Bush, London.

Dulunya, rumah ini adalah sebuah toko yang menjual topi. Selama dekade terakhir, harga rumah naik hampir dua kali lipat. Berikut fakta-faktanya dikutip dari Boredpanda.com:

1. Awal Dibeli Harganya Rp 10 M

Kembali pada tahun 2009, rumah ini dijual seharga lebih dari US$ 700 ribu atau setara Rp 10,1 miliar (kurs Rp 14.500) kepada seorang pengacara yang sekarang menjualnya untuk pindah ke luar negeri.

Artinya selama sepuluh tahun terakhir, harga rumah hampir dua kali lipat. Saat ini, rumah dijual ke pasaran dengan harga US$ 1,3 juta.

2. Terdiri dari 5 lantai

Meski rumah ini sangat sempit, namun memiliki jumlah ruang yang luas, yakni 1.034 kaki atau 315,1 meter per segi. Rumah ini terdiri atas 5 lantai dan mencakup dua kamar tidur, teras, kamar mandi, dan dapur, hingga taman.

Di lantai dasar yang panjang terdapat bagian penerima tamu yang luas dengan dapur yang membawa Anda ke ruang makan, yang kemudian membawa Anda ke taman. Dan meskipun lebar dapur hanya 5 kaki, panjangnya lebih dari 24 kaki.

Tangga spiral kemudian membawa Anda ke lantai pertama yang mencakup kamar tidur dan ruang belajar. Di ujung lantai ini adalah balkon yang menawarkan pemandangan London sisi barat. Kamar terpanjang memiliki panjang 24 kaki dan lebar hanya 5 kaki.

Di lantai dua ada kamar mandi dan kamar mandi yang mengarah ke kamar tidur utama dilengkapi dengan tempat tidur built-in.

3. Beberapa kali berganti penghuni

Pada 1990-an, rumah tersempit di London ini dimiliki oleh fotografer fashion Juergen Teller.

Lalu pada 2006, rumah itu dibeli oleh Simon Woods, aktor Pride and Prejudice yang menikah dengan Christopher Bailey.



Simak Video "Melihat Rumah Mungil yang Raih Penghargaan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)