Terlilit Utang, Stephen Chow Sempat Gadaikan Rumah Mewah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 14 Okt 2020 13:58 WIB
BEIJING, CHINA - JANUARY 11:  Film director Stephen Chow promotes film The New King Of Comedy Press Conference on January 11, 2019 in Beijing, China.  (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Stephen Chow/Foto: Getty Images/Lintao Zhang
Jakarta -

Aktor sekaligus sutradara Hong Kong Stephen Chow tengah terlilit utang ratusan miliar. Pemeran utama Shaolin Soccer ini ternyata terindikasi mengalami masalah keuangan pertengahan tahun ini.

Diberitakan Straitstimes seperti dikutip detikcom, Rabu (14/10/2020), Stephen Chow dilaporkan telah menggadaikan rumahnya di The Peak, kawasan elit di Hong Kong.

Media lokal Apple Daily melaporkan, Stephen menggadaikan rumahnya di 12 Pollock's Path kepada JPMorgan Chase Bank pada bulan Maret atau selama puncak pandemi COVID-19 di Asia.

Seorang pembeli dilaporkan telah melakukan pendekatan untuk membeli rumah seluas 5.711 kaki seharga HK$ 1,1 miliar (sekitar S$ 198 juta) tetapi ia tidak melepasnya.

Laporan tersebut menyatakan bahwa ini bukan pertama kalinya ia menggadaikan propertinya. Dia juga melakukannya pada 2011 dan baru mengambilnya kembali pada tahun lalu.

Stephen Chow belum mengonfirmasi laporan tersebut. Sementara, spekulasi yang beredar, ia telah terpukul parah oleh pandemi COVID-19 ketika industri film global terhenti.

Film sebelumnya The New King Of Comedy yang dirilis tahun lalu, tidak tampil sebaik karya-karya sebelumnya, hanya menghasilkan 624 juta yuan (S$ 123 juta) di pasar utamanya China. Raihan tersebut jauh di bawah The Mermaid (2016) yang memperoleh 3,39 miliar yuan (S$ 668 juta) di Cina.

Laporan media di Hong Kong dan China juga menduga Stephen menggadaikan propertinya untuk mendanai film barunya karena investasi mengering karena pandemi. Pada tahun 2004, Chow membeli sebidang tanah di Pollock's Path hanya dengan HK$ 320 juta. Dia bekerja dengan seorang pengembang untuk membangun empat rumah mewah di wilayah tersebut dan menjual tiga rumah. Lalu, mempertahankan nomor 12 untuk dirinya sendiri.

Namun, ia mendapat masalah. Mantan pacarnya yang merupakan ahli waris perusahaan konstruksi Yu Wenfeng yang dulu mengelola keuangannya menuduh sutradara dan aktor itu berutang komisi atas pekerjaan yang telah dia lakukan untuknya. Kasus ini dibawa ke pengadilan pada November.

Tonton video 'Aktor Hong Kong Stephen Chow Terancam Bangkrut':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)