3 Ciri Lokasi yang Cocok untuk Investasi Properti

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 12:33 WIB
Insert fokus: Kapan Bunga KPR Turun?
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -

Lokasi adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi nilai dari sebuah kawasan hunian. Di dalam industri properti, lokasi sangat erat hubungannya dengan istilah sunrise property.

Sebuah area dapat menyandang predikat sunrise property apabila memiliki potensi untuk berkembang dalam lima tahun ke depan dan tren harga properti di kawasan tersebut memiliki kecenderungan akan terus naik seiring dengan perkembangan areanya.

Untuk lebih memudahkan pemahaman kita, berikut ciri-ciri dari sebuah area yang berpotensi menjadi sunrise property seperti dikutip dari Lamudi.co.id:

Area yang berkembang

Salah satu ciri sebuah area akan menjadi kawasan sunrise property adalah wilayah tersebut berada pada fase berkembang. Hal ini dapat ditinjau melalui perkembangan demografi, jika area tersebut menjadi tujuan arus manusia, maka potensi pembangunan di daerah tersebut akan berkembang.

Infrastruktur

Hal ini merupakan tulang punggung perkembangan properti di suatu daerah, karena akan mempermudah aktivitas masyarakat di dalamnya. Untuk itu, ciri kedua sebuah kawasan dapat dikatakan sunrise property apabila pada area tersebut gencar dibangun proyek infrastruktur.

Peningkatan harga tanah

Ciri ketiga adalah kenaikan harga tanah. Jika harga tanah di suatu wilayah mengalami kenaikan harga di atas 20 persen, maka fenomena tersebut bisa menjadi indikator dari banyaknya peminat yang ingin membeli properti di kawasan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2