Hujan Makin Deras, Sudah Siapkan Uang 'Banjir'?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 19:31 WIB
Hujan deras yang mengguyur Jakarta saat siang tadi membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir. Salah satunya kawasan Kemang Utara.
Foto: ANTARA/RENO ESNIR
Jakarta -

Musim hujan telah tiba, bagi warga DKI Jakarta ada baiknya bersiap-siap apabila banjir kembali menggenang ibu kota. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, misalnya barang-barang rusak saat banjir ataupun mesti terpaksa mengungsi karena rumah tak bisa ditempati.

Hal itu semua tentunya butuh biaya. Maka dari itu, salah satu yang harus dilakukan adalah menyiapkan dana darurat.

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho dana darurat penting apalagi bagi yang tinggal di kawasan yang sudah menjadi langganan banjir. Pasalnya, banjir bisa saja membuat dompet boncos kalau tidak menyediakan dana darurat.

"Kalau sudah tahu dan paham tinggal di daerah rawan banjir, maka harus ada dana cadangan lebih kalau musim hujan begini. Mau nggak mau harus siapkan dana lebih, kita nggak akan tahu apa yang terjadi saat banjir," ujar Andy kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

Minimal dana darurat yang disiapkan saat musim hujan untuk menghadapi banjir adalah sebesar 10% dari gaji yang ada.

"Angka pastinya sih sebenarnya tergantung dari kemampuan masing-masing. Tapi, kalau saya sih dana darurat itu alokasikan 10% dari gaji kita untuk antisipasi semua hal," kata Andy.

Apabila jumlah itu terlalu besar, Andy menyarankan bisa saja menghitung-hitung dana yang dikeluarkan selama banjir di tahun sebelumnya. Jumlah itu lah yang harus disiapkan.

Dia mencontohkan, misalnya di suatu tempat saat banjir tahun lalu bisa merendam rumah semata kaki. Karpet dan bahan-bahan lain perlu dibersihkan, dan ada yang perlu di-laundry, maka siapkan dana untuk memenuhi hal tersebut.

"Besarannya bisa juga dengan memprediksi biasanya bila terjadi banjir di tahun-tahun sebelumnya kerusakan sejauh apa sih, dana yang keluar buat apa aja sih, itu aja yang jadi patokan untuk disiapkan," jelas Andy.

Yang jelas banjir bukan lagi harus disepelekan, di Jakarta saja hari ini sudah ada beberapa wilayah yang tergenang. Totalnya ada 9 RT terendam banjir setelah Jakarta diguyur hujan lebat.

Dari laporan BPBD DKI Jakarta yang didapatkan detikcom, ada 9 RT di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang hari ini terendam banjir.

(dna/dna)