Dear Pemburu Properti, Yuk Ikutan Asia Virtual Property Expo!

Nurcholis Maarif - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 14:30 WIB
Asia Virtual Property Expo
Foto: Screenshot/Asia Virtual Property Expo
Jakarta -

PropertyGuru Group menggelar pameran properti virtual atau Asia Virtual Property Expo buat masyarakat yang tengah memburu hunian di kawasan Asia. Pameran ini diikuti oleh 10 negara dan lebih dari 300 proyek properti.

Adapun dari Indonesia, ada 82 pengembang dengan sekitar 153 proyek properti yang ikut dalam pameran ini. Dari Indonesia, pameran yang digelar pada 11 November-11 Desember 2020 ini dikelola oleh Rumah.Com sebagai bagian dari PropertyGuru Group dan didukung Bank Negara Indonesia (BNI) dan Real Estate Indonesia (REI).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR, Eko D. Heripoerwanto mengatakan terjadi perubahan pola pencarian informasi tentang hunian di era pandemi ini. Kini masyarakat lebih banyak memanfaatkan platform online seperti media sosial untuk mencari informasi tentang hunian.

"Makanya pameran properti virtual ini sangat relevan dengan kondisi ini dan termasuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, pemerintah juga punya target meningkatkan rumah tangga menempati rumah layak. Ini tentu saja sektor properti punya sangat peran besar untuk menyiapkan rumah yang layak untuk ditinggali dan dihuni oleh masyarakat," ungkap Eko dalam konferensi virtual, Selasa (10/11/2020).

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengungkapkan pameran ini merupakan langkah adaptasi baru untuk memberikan kemudahan pemburu hunian atau yang ingin berinvestasi untuk menemukan hunian idaman mereka dengan pengembang. Meski virtual, pameran ini menghadirkan pengalaman lebih nyata dan imersif.

"Jadi meskipun virtual, kami menghadirkan teknologi seolah-olah pengunjung datang ke pameran properti secara offline. Kami juga ingin memudahkan agar property seeker dapat dengan mudah bertemu dengan developer dengan fitur-fitur yang dihadirkan di pameran ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Konsumer BNI, Corina Leyla Karnalies mengungkapkan ingin melanjutkan kesuksesan pameran BNI Griya Expo, pameran properti virtual pertama di Indonesia yang digelar pada bulan Juli lalu. Makanya, pihaknya sangat mendukung Asia Virtual Property Expo, yang areanya lebih luas, yaitu Asia.

"Mengapa kita optimis? Pandemi membawa banyak perubahan, kami merespons salah satu strateginya melalui digital channel, makanya kita sangat mendukung event ini, sesuai dengan apa yang sudah kita lakukan, karena digital channel, online platform, jadi pilihan masyarakat saat ini," ujarnya.

(akn/hns)