Milenial Kulit Hitam Dominasi Pembelian Rumah di AS

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 12:53 WIB
Jakarta saat ini sedang dihadapi oleh isu banjir. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah antibanjir seperti di Amerika Serikat (AS) berikut ini.
Foto: Dok. Daily Mail
Jakarta -

Survei dari asosiasi perdagangan di industri real estat asal Amerika Utara, National Association of Realtors menunjukkan 5% dari total orang Amerika yang membeli rumah selama 3 kuartal pertama tahun 2020 adalah berasal dari orang kulit hitam. Jumlah itu satu poin di atas persentase tahun sebelumnya, meningkatkan tingkat kepemilikan rumah orang kulit hitam di Amerika.

Dalam peningkatan jumlah orang kulit hitam yang membeli rumah tersebut, untuk pertama kalinya, sebagian besar pembelinya adalah milenial kulit hitam. Alasannya, banyak milenial kulit hitam yang meninggalkan apartemen miliknya selama pandemi dan memilih membeli rumah di pinggiran kota.

"Tanpa ragu, kaum milenial Afrika-Amerika berpartisipasi dalam lonjakan pembelian rumah ini," kata ekonom National Association of Realtors Lawrence Yun dikutip dari CNN business, Senin (7/12/2020).

"Faktanya, (pembelian) rumah oleh orang kulit hitam sekarang jauh lebih tinggi dibanding dengan sebelum pandemi cukup mengejutkan," sambungnya,

Sebagian pembeli rumah dari kalangan milenial kulit hitam itu membeli rumah dari simpanan bantuan stimulus yang diterimanya selama pandemi. Tambahan penghasilan tersebut, ditambah pengeluaran pribadi yang berkurang selama pandemi memungkinkan milenial kulit hitam yang kaya dan kelas menengah mengambil keuntungan.

Mereka membaca peluang, mencari rumah dengan harga terendah dan langsung membelinya.

Para makelar dan ekonom memperkirakan tren pembelian rumah oleh kalangan milenial kulit hitam ini akan berlanjut pada 2021 mendatang.

"Kami melihat indikator akan lebih banyak rumah mulai datang ke pasar, lebih banyak orang menjadi agresif," ucap Makelar Baltimore JoAnne Poole, manajer broker di Berkshire Hathaway Home Services Homesale Realty.

(zlf/zlf)