Mau Beli Rumah dengan Bunga KPR 4,4%? Begini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 14 Des 2020 18:52 WIB
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) kembali gelar Indonesia Properti Expo (IPEX) di JCC. Harga hunian yang ditawarkan bervariasi mulai dari 100 jutaan. Penasaran?
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus mengurangi interaksi dengan orang lain, termasuk untuk membeli rumah. Namun, bagi yang ingin membeli rumah, kini tak perlu lagi datang ke keramaian, hanya dalam genggaman detikers bisa memiliki hunian.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyebut pameran perumahan virtual diharapkan bisa mencatat pertumbuhan positif di tengah kontraksi ekonomi akibat pandemi COVID-19. Pameran ini juga untuk mendongkrak kinerja penyaluran kredit BTN.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan virtual expo ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang digelar BTN pada Agustus lalu. Dalam ajang tersebut, terpantau lebih dari 2 juta orang berselancar di situs ipex.btnproperti.co.id untuk membeli hunian idaman.

Saat ini sektor perumahan mencatatkan pertumbuhan mencapai 2% pada triwulan III-2020. Sementara, tahun 2021 diproyeksikan pertumbuhannya ekonomi bakal mencapai 5% dan sektor perumahan menjadi salah satu andalan pemerintah untuk mendorong ekonomi nasional bergerak naik.

"Peluang sektor properti untuk tumbuh masih besar di tengah angka backlog yang tinggi. Melalui virtual expo ini, kami memberikan kemudahan akses bagi masyarakat berpenghasilan tetap dan tidak tetap untuk memiliki rumah secara online dengan bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) murah di masa pandemi COVID-19," kata dia dalam konferensi pers virtual, Senin (14/12/2020).

Dia mengungkapkan pameran ini menggandeng sekitar 75 pengembang. Dengan dukungan pengembang tersebut, ada sekitar ratusan proyek perumahan yang bisa ditinjau dan dibeli masyarakat secara virtual melalui portal www.btnproperti.co.id.

Pahala menjelaskan untuk masyarakat fixed income, BTN menawarkan bunga sebesar 4,4% fixed selama 1 tahun. Kemudian, untuk masyarakat non-fixed income, bunga yang ditawarkan yakni sebesar 7,44% fixed 1 tahun.

Berlanjut ke halaman berikutnya.