Siapkan Rp 28 T, Amazon Bakal Bangun 20 Ribu Rumah di AS

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 21:50 WIB
Logo Amazon (AFP Photo)
Foto: Logo Amazon (AFP Photo)
Jakarta -

Amazon.com Inc berencana menghabiskan US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun untuk membangun rumah di beberapa wilayah Amerika Serikat (AS). Mengutip Reuters, Lewat proyek pembangunan perumahan itu, Amazon akan membangun 20.000 unit rumah yang terjangkau.

Rencana Amazon, lokasi proyek perumahan tersebut berada di wilayah yang terdapat banyak banyak sebaran pekerjaan. Lokasi yang dibidik Amazon adalah area Puget Sound di Negara Bagian Washington, Arlington Virginia dan Nashville di Tennessee.

Rencana pembangunan perumahan itu muncul seiring kritik yang dihadapai Amazon dan perusahaan teknologi lainnya. Amazon cs dikritik karena menaikkan harga rumah di tempat-tempat seperti San Francisco Bay Area karena masuknya pekerja selama dekade terakhir.

Hal ini juga mendorong Alphabet Inc dan Facebook Inc untuk berinvestasi di perumahan yang terjangkau. Sebagian besar investasi Amazon akan melalui pinjaman berbiaya rendah untuk melestarikan atau membangun perumahan yang terjangkau bagi keluarga berpenghasilan menengah hingga rendah.

Sementara itu, Amazon juga sedang dalam proses membangun kantor pusat kedua di Arlington, yang disebut HQ2.

(hns/hns)