Tips Rawat Atap Dak Beton Biar Nggak Gampang Bocor

- detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 09:14 WIB
ilustrasi hujan
Foto: Tips Antisipasi Bocor dan Rembes di Musim Hujan (Istimewa)
Jakarta -

Sebagai negara yang beriklim tropis, keunikan cuaca di Indonesia yaitu curah hujan yang tinggi namun dengan paparan sinar matahari terik yang hampir sepanjang tahun.

Hal ini menjadikan banyak bagian bangunan seperti atap dak beton menjadi berisiko untuk terjadi retakan hingga menyebabkan kebocoran yang akan sangat mengganggu seluruh bagian dalam rumah.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar dak rumah dengan struktur beton bisa aman dari bocor.

1. Memilih Produk yang Tepat

Untuk mengatasi masalah ini diperlukan produk yang tepat dan aplikasi yang benar sehingga bisa terbebas dari rasa khawatir rumah bocor dan rembes saat musim hujan seperti saat ini.

PT Adhi Cakra Utama Mulia, distributor tunggal produk waterproofing Aquaproof misalnya, mengeluarkan inovasi produk Aquaproof Pro untuk menjamin keandalan bangunan.

"Produk ini menggunakan bahan akrilat poliuretan yang memiliki performa tinggi untuk melapisi struktur bangunan horizontal maupun vertikal. Sifat pelapisnya memiliki daya lekat dan ketahanan tinggi terhadap air (waterponding resistant) sehingga cocok digunakan area yang rawan tergenang seperti atap dak beton dan memastikan tidak ada yang mengalir ke dalam bangunan," ujar Antony Kostka, GM Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia.

Aquaproof Pro diformulasikan khusus sehingga memiliki hasil akhir yang minim noda dan memiliki ketahanan terhadap iklim tropis Indonesia seperti ultraviolet (UV) serta sifat material yang elastis menjadikannya tahan terhadap muai-susut maupun pergerakan bidang yang dilapisinya. Bukan hanya untuk permukaan dak beton, produk pelapis ini juga cocok digunakan untuk berbagai material lain seperti logam, dinding bata, GRC, gipsum, dan lainnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.



Simak Video "KuTips: Tips Bersepeda di Jalan Raya yang Perlu Kamu Tahu! "
[Gambas:Video 20detik]