Ini Profil Lengkap Mister Loo yang Digandeng Luhut Urus WC Danau Toba

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 09:52 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Penyedia toilet internasional, Mister Loo digandeng Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melakukan pengelolaan toilet di kawasan pariwisata. Toilet yang akan dikelola berada di kawasan superprioritas Danau Toba.

Hal itu diungkapkan Luhut dalam unggahan video di Instagramnya, @luhut.pandjaitan. Dia mengatakan kontrak pengelolaan toilet sudah dilakukan dengan Mister Loo.

Lalu seperti apa profil lengkap Mister Loo yang akan mengelola toilet Danau Toba?

Dikutip detikcom dari laman resmi misterloo.com, Minggu (14/2/2021), Mister Loo adalah penyedia toilet umum inovatif yang konsepnya muncul dari Swiss. Mereka menawarkan fasilitas sanitasi yang bersih dan fasilitas menyegarkan yang mutakhir pada toilet umum.

Sejauh ini, Mister Loo memiliki portofolio penyediaan toilet umum di Thailand dan Vietnam. Mereka menyediakan pengelolaan toilet umum di lokasi seperti tempat wisata, pasar, pantai, kawasan pejalan kaki, serta stasiun kereta api, bus, dan pom bensin.

"Mister Loo adalah konsep toilet umum yang inovatif dari Swiss yang menawarkan toilet bersih dan fasilitas menyegarkan yang mutakhir untuk wisatawan internasional dan wisatawan lokal dalam lingkungan yang aman di lokasi umum yang sering dikunjungi. Seperti tempat wisata, pasar, pantai, juga zona pejalan kaki," bunyi keterangan yang ada di dalam website Mister Loo.

Dalam website tersebut juga dijelaskan Mister Loo sendiri sudah memiliki tiga kantor perwakilan. Pertama ada di Zurich, Swiss, kedua di Bangkok, Thailand, dan yang terakhir di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Ada dua orang dibalik penyedia toilet internasional ini, yaitu Andreas Wanner dan Dominik Schuler. Keduanya merupakan pemilik dan penemu Mister Loo.

Sebelumnya, Luhut mengatakan sudah ada 25 toilet baru yang dibangun dari dana CSR berbagai perusahaan di Danau Toba. Luhut mengatakan, pengelolaan toilet-toilet itu akan dilakukan oleh Mister Loo.

"Ada 25 toilet yang baru dibangun di spot-spot turis di Danau Toba ini, dan ini CSR dari beberapa perusahaan. Kita kontrakkan ini dengan namanya Mister Loo, Mister Loo ini punya organisasi internasional ngurus WC," ujar Luhut dalam video yang diunggah dalam akun Instagramnya @luhut.pandjaitan.

Saksikan juga 'Keindahan Tao Silalahi Sumatera Utara':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)