Harapan Angela Tanoesoedibjo di Proyek 'Disneyland' Hary Tanoe-Trump

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 12:23 WIB
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo
Foto: dok Kemenparekraf
Jakarta -

Angin segar tengah berhembus ke MNC Group. Salah satu proyek andalan kerajaan bisnis Hary Tanoesoedibjo mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah yakni taman hiburan di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Proyek pembangunan taman hiburan yang diklaim bakal sekelas Disneyland itu merupakan proyek kolaborasi dengan perusahaan milik mantan Presiden AS Donald Trump. Proyek itu didapuk pemerintah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang juga putri dari HaryTanoe, Angela Tanoesoedibjo mengatakan penetapan Lido City sebagai KEK adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depannya. Dirinya menaruh harapan besar dari proyek milik perusahaan ayahnya itu.

"Dengan KEK, kita berharap investasi akan bertambah, penyerapan tenaga kerja bisa meningkat. Saya berharap ini bisa menjadi pendorong untuk kebangkitan ekonomi kreatif kita," kata Angela.

Dengan didapatkannya status KEK Pariwisata, Badan Usaha dan Pelaku Usaha di kawasan MNC Lido City mendapat kemudahan perizinan termasuk soal rencana membangun taman bermain sekelas Disneyland dan Universal Studio itu.

Badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City juga bisa menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 237/PMK.010/2020, antara lain diberikannya insentif pajak penghasilan; pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah; bea masuk dan pajak dalam rangka impor; cukai; serta berbagai kemudahan perizinan lainnya.

"KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia. Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas Internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Jumat (12/2/2021).

Saat ini, MNC Lido City sedang mengembangkan kawasan hunian, komersial, destinasi wisata dan resort terintegrasi seluas 3.000 hektare (Ha) di Lido, Jawa Barat, yang berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta dan Banten, dikelilingi dengan lebih dari 70 juta penduduk. Berlokasi sekitar 60 kilometer (km) dari Jakarta, MNC Lido City dapat dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh satu jam dari Jakarta.

Setelah ditetapkan sebagai KEK Pariwisata perusahaan juga mulai melakukan pembangunan Movieland di MNC Lido City. Movieland, studio film dan drama seri outdoor ini disebut akan menjadi pusat industri film dan drama seri kelas dunia pertama di Indonesia. Hary mengatakan saat ini belum ada fasilitas mumpuni untuk outdoor production terutama untuk memproduksi film atau drama televisi.

Saksikan juga 'Bertahun-tahun Dikritik, Disneyland Akan Ubah Wahana Jungle Cruise':

[Gambas:Video 20detik]



(das/zlf)

Tag Terpopuler