Banjir Bikin Mal Sepi, Pengunjung Turun 20%

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 16:30 WIB
Jalan Kemang Raya Masih Banjir 1,5 Meter
Foto: Dwi Putri Aulia
Jakarta -

Pengunjung pusat perbelanjaan di DKI Jakarta mengalami penurunan karena banjir. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan rata-rata penurunan pengunjung 10-20%.

"Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan di DKI Jakarta kemarin turun sekitar 10%-20% akibat banjir yang terjadi di beberapa wilayah ibu kota dan juga di beberapa wilayah sekitar Jakarta," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) APPBI Alphonzus Widjaja kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Penurunan tingkat kunjungan, lanjut dia juga mengakibatkan penurunan tingkat penjualan. Tapi, angka pastinya belum bisa diinformasikan karena memerlukan waktu untuk pendataan jumlah penjualan.

Dihubungi terpisah, Ketua APPBI DPD Jakarta Ellen Hidayat membenarkan bahwa trafik pengunjung kemarin lebih rendah dari biasanya, khususnya di pusat perbelanjaan yang berada di titik banjir.

"Juga adanya bagian jalan yang banjir untuk menuju mal sehingga membuat akses sulit dicapai. Bila tidak penting sekali umumnya masyarakat tidak bepergian. Selain banyak juga karyawan yang terjebak banjir sehingga tidak bisa keluar dari area pemukiman mereka," papar Ellen.

Dirinya juga belum bisa memberitahu angka kerugian materil akibat menurunnya jumlah pengunjung. Dia belum memiliki data soal itu.



Simak Video "Penampakan Banjir di China yang Tewaskan Puluhan Nyawa"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)