Dibangun Tahun Ini, Begini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 17:00 WIB
Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru
Foto: Dok. Tangkapan Layar Facebook PUPR
Jakarta -

Rencana pembangunan Ibu Kota baru akan dilakukan tahun ini. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan dirinya optimis Istana Presiden bisa groundbreaking tahun ini.

Dalam rapat kerja dengan komisi XI Suharso menyebutkan hal ini bisa segera terlaksana jika rancangan masterplan dan detail plan sudah disiapkan bisa berjalan sesuai rencana. Kira-kira detikers penasaran nggak bagaimana desain Istana Presiden di Ibu Kota baru ini?

Dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara bernama Nagara Rimba Nusa ditayangkan sejak 24 Desember 2019 lalu.

Tayangan ini sudah ditonton 817.624 kali. Kemudian dari video tersebut ditampilkan beranda Istana Presiden bagian depan terdapat danau. Lalu di sisi kanan ada kantor staf Presiden dan Masjid Astana.

Pada konsep Nagara Rimba Nusa juga terdapat Plaza Bhinneka Tunggal Ika dan Danau Pancasila. Lalu ada kawasan diplomatik, bisnis dan komersial, pemukiman. Dapat diketahui bahwa desain Nagara Rimba Nusa memenangkan sayembara desain ibu kota baru. Itu adalah karya Urban+.

"Dibutuhkan banyak ahli, ada 10 orang, kami sebagian tim kami dari kantor kita, Urban+, kemudian ada juga teman-teman, pernah bekerja di luar negeri, minta bantuan teman luar negeri juga hadir, Hong Kong, Singapura, ada Malaysia," kata Funder Urban+ Sibarani Sofian di Kementerian PUPR 23 Desember 2019 lalu.

Penasaran dengan tampilan lebih jelas Istana Presiden di Ibu Kota baru? Klik halaman berikutnya untuk lihat gambar lebih jelas.

Simak video 'Baleg DPR Bicara Masuknya RUU Ibu Kota Negara di Prolegnas 2021':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2