Jokowi Minta Masukan soal Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 03 Apr 2021 10:45 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masukan masyarakat seputar pradesain Istana Negara Ibu Kota baru, di Kalimantan Timur. Pradesain itu dibagikan Jokowi lewat akun Instagramnya @jokowi.

"Saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa," ujar Jokowi di akun Instagram resminya yang dikutip detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Masukan-masukan dari masyarakat nanti akan dibahas bersama para arsitek dan ahli untuk menyempurnakan pradesain tersebut.

"Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," imbuhnya.

Selain memamerkan video pradesain Istana Negara, Jokowi juga menceritakan latar belakang di balik terpilihnya desain burung garuda sebagai salah satu rancangan bangunan inti Istana Negara ibu kota baru.

"Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru. Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini," ungkapnya.

Menurut Jokowi, usulan yang ditawarkan seniman patung Nyoman sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Namun, ia menegaskan ini baru pradesain. Artinya, sewaktu-waktu bisa berubah seiring dengan masukan-masukan masyarakat yang ditampung tadi.

"Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain," tegas Jokowi.

(hns/hns)