Berburu Untung Besar dari Tanah Virtual, Bagaimana Cara Jual-Belinya?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 13:49 WIB
Peta dunia dengan nama nyeleneh
Foto: (Strumpshaw, Tincleton & Giggleswick)
Jakarta -

Situs earth 2.io menawarkan tanah virtual untuk masyarakat bisa membeli dan menjualnya. Seperti di dunia nyata, tanah virtual bisa sebagai investasi di bidang real estate karena pemilik bisa untung dari harga jual yang lebih tinggi.

Dikutip dari situs resminya, Rabu (7/4/2021), membeli tanah virtual sama saja seperti membeli tanah fisik yakni pakai uang asli. Bedanya tanah virtual nggak bisa dipijak, barangnya ada hanya sebatas virtual saja.

Cara membeli tanah virtual menggunakan PayPal. Pastikan kamu sudah membuka peta dan memilih daratan yang mau dibeli dengan login ke sistem https://earth2.io/.

Setelah sudah pilih tanah virtual yang mau dibeli, lalu ke pengaturan dan pilih metode pembayaran 'Bayar dengan PayPal'. Proses pembelian akan selesai setelah mengklik tombol 'Ya' dan melihat layar konfirmasi.

Tanah virtual yang sudah dibeli akan mengkonfirmasi kelas tanah, hak atas tanah, pengenal akta, harga pembelian, hingga nilai pasar. Pemilik nantinya memiliki portofolio berisi total properti yang dimiliki, kekayaan bersih, peningkatan/penurunan nilai properti, dan ringkasan detail per properti.

Sedangkan jika ingin menjual tanah virtual, kamu harus mengetuk tombol 'Jual' dan mengkonfirmasi penjualan atas tanah virtual yang sudah kamu beli. Proses penjualan tanah virtual akan selesai setelah kamu mengklik tombol 'Jual' dan melihat layar konfirmasi.

Dilansir dari Medium.com, jika membeli tanah virtual ini maka pemilik bisa untung besar jika menjualnya dalam beberapa tahun mendatang. Pasalnya, earth 2.io terbilang baru dan harga tanah yang ditawarkan relatif masih murah.

"Seperti kenyataannya, di Earth 2.io, Anda bisa membeli dan menjual tanah. Dikarenakan platform ini masih baru, harga yang ditawarkan relatif paling rendah," demikian bunyi keterangan tersebut.

Sebidang tanah per 6 Januari 2021 dijual dengan harga rata-rata US$ 1-5 atau setara Rp 14.500-72.500 (kurs Rp 14.500/US$). Harga tanah virtual yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung tanah di negara mana yang kamu beli.

"Bayangkan apa yang bisa terjadi dalam 6 bulan, 1 tahun, 10 tahun dan seterusnya. Jika Anda memahami cara kerja real estate di dunia nyata, seharusnya tidak sulit. Saat orang baru membeli banyak tanah dan properti di earth 2.io, kekayaan bersihnya juga akan naik," bebernya.

(aid/zlf)