Tabungan Kurang buat DP tapi Kebelet Beli Rumah, Aku Kudu Piye?

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 30 Mei 2021 21:02 WIB
Beli rumah pakai FLPP
Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta -

Memiliki rumah sendiri bisa dibilang menjadi keinginan banyak orang. Namun untuk mewujudkannya, bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Salah satu masalah yang sering muncul ketika mau membeli rumah adalah masalah uang muka (DP) hingga cara mengatur keuangannya. Perasaan tabungan sudah disisihkan, tapi melihat besarannya belum cukup juga.

Jika tabungan belum cukup untuk DP dan kamu kebelet beli rumah, nggak ada salahnya kok untuk mencari pinjaman lunak dengan bunga rendah. Asalkan, rumah tersebut sesuai dengan keinginan dan kemampuan setiap bulanannya.

"Kalau rumah yang ada memang sesuai dengan keinginan dan kemampuan, kita bisa mencari pinjaman lunak dulu untuk menutupi kekurangan pembayaran DP," kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho kepada detikcom, Minggu (30/5/2021).

Alternatif lainnya adalah menjual aset yang kamu miliki seperti emas, atau barang berharga lainnya. Dengan begini kamu nggak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membayar utang nantinya.

"Jika semua tidak bisa, ya mau tidak mau kita tunda dulu pembelian properti tersebut sampai tabungan kita mencukupi," tuturnya.

Saran serupa juga dikatakan oleh Perencana Keuangan Eko Endarto. Alangkah baiknya cari DP rumah yang memang sesuai dengan jumlah tabungan.

"Tunggu sampai cukup atau cari rumah yang sesuai DP," imbuhnya.

(aid/dna)