Proyek Ibu Kota Baru Rampung 2024, Target Populasi 38 Ribu Orang

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 14:32 WIB
Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru
Foto: Dok. Tangkapan Layar Youtube Setkab
Jakarta -

Rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) baru ini terus digodok pemerintah. Rencananya operasional tahap awal ibu kota baru ini ditargetkan pada 2024 dengan daya tampung 38 ribu orang.

"Data ini masih sementara, dan saat ini terus diperhitungkan berapa kira-kira populasi yang akan dikejar ada di 2024, dan target ini cukup ofensif, walaupun kami masih terus menghitung," kata Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Cipta Karya, Boby Ali Azhari, dalam seminar bertajuk 'Kota Baru IKN: Menakar Risiko Pembangunan?' secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, dia menjelaskan penghitungan populasi ini juga akan mempengaruhi berapa jumlah hunian dan fasilitas yang akan dibangun di ibu kota baru.

"Populasi ini mempengaruhi jumlah tower, apartemen atau hunian yang akan dibangun di IKN. Kemudian fasilitas juga menjadi bagian penting dari IKN ini," tuturnya.

Boby mengatakan anggaran untuk ibu kota baru ini juga masih terus digodok oleh Kementerian Keuangan dan tidak hanya dari APBN tetapi pemerintah menargetkan agar pihak swasta ikut berkontribusi.

"Pembiayaan ini, Kementerian keuangan juga terus memperhitungkan berapa potensi dari APBN dan potensi dari swasta," ungkapnya.

Selain populasi, hunian, dan fasilitas target pembangunan ibu kota baru pada 2024 ini juga termasuk jalan tol, pembangunan kebun raya, alun-alun, total lahan perumahan yang harus disediakan, hingga jaringan jalan ke arah pusat pemerintahan.

"Dari Balikpapan menuju lokasi pemerintahan ini kan 1,5 jam. Ada harapan dari bapak Presiden apakah waktu tempuh itu bisa menjadi 30 menit. Dan ini teman-teman dari Bina Marga sedang mencari alternatif jalan untuk mencapai area sana," pungkasnya.

Bobby mengungkap target pembangunan ibu kota baru ini bisa berkembang lebih luas untuk tahu-tahun berikutnya.

Simak juga Video: Jokowi Bertemu 7 Asosiasi Profesi Bahas Ibu Kota Baru, Ini Hasilnya

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)